Senin, 17 Juni 2024
BerandaNewsEkobizJokowi Curhat Impor Beras Makin Susah

Jokowi Curhat Impor Beras Makin Susah

HOLOPIS.COM, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuoroti adanya ancaman pangan yang menghantui sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Sidang Terbuka Dies Natalis ke 60 Institute Pertanian Bogor (IPB), Jumat (15/9).

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Menurutnya, ancaman krisis pangan tersebut semakin nyata karena pertumbuhan penduduk dunia yang terus bertambah. Selain itu, fenomena perubahan iklim seperti kemarau berkepanjangan yang berkepanjangan juga membuat produksi pangan semakin tergerus.

“Orang sudah mulai bingung karena ada super El Nino kenaikan suhu kenaikan air laut,” tutur Jokowi dalam pidatonya yang dikutip Holopis.com, Jumat (15/9).

Jokowi pun turut menyoroti langkah sejumlah negara penghasil pangan dunia, dimana sudah ada 19 negara yang saat ini membatasi ekspor pangan guna menyelamatkan rakyatnya masing-masing. Salah satunya India yang memutuskan untuk menyetop ekspor beras.

- Advertisement -

“Akibatnya harga beras naik di seluruh negara, kita mau memperbesar cadangan strategis beras mau impor barangnya sulit didapatkan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kondisi seperti ini harus bisa diterima. Namun harus pula diantisipasi dengan cermat. Dia pun mendorong agar permasalahan pangan ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia.

Dia berharap agar Indonesia ke depan tidak hanya berhasil selamat dari krisis pangan, tetapi juga berhasil memanfaatkan peluang dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan global.

“Ada kesulitan ada krisis tapi itu juga bisa menjadi peluang jadi kesempatan. Sehingga nanti justru meningkatkan kesejahteraan petani kita nelayan kita karena ada kesulitan tadi yang saya sampaikan,” tukas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Prabowo Subianto Tidak Berencana Naikkan Rasio Utang RI

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dipastikan tidak pernah berencana untuk meningkatkan rasio utang negara hingga 50 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Catat! Ini Daftar Pinjol Legal Versi OJK, Dijamin Aman

Pinjaman online alias pinjol sejauh ini masih menjadi andalan masyarakat untuk mendapatkan dana segar di tengah gejolak perekonomian yang semakin tidak menentu.

Pemerintah Perbarui Setengah Juta Tabung Gas LPG 3 Kilogram

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyediakan setidaknya 500 ribu atau setengah juta tabung LPG 3 kilogram (kg) dalam kondisi baru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS