Siapa Sosok Yang Chil Seong? Pria Korea yang Jadi Pahlawan Indonesia Melawan Belanda

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat ini, sejarah kemerdekaan Indonesia masih menjadi topik yang hangat dibicarakan setelah masyarakat merayakan hari kemerdekaan di bulan Agustus lalu. Hal ini karena pemuda asal Korea, Yang Chil Seong yang merupakan pahlawan Indonesia, dikabarkan akan diperankan aktor populer Kim Bum, dalam film berjudul Tanah Air Kedua.

Nantinya, Kim Bum dikabarkan akan beradu akting dengan Maudy Ayunda. Kabar ini pun membuat netizen semakin heboh dan menunggu perkembangan berita tentang film yang akan menjadi kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia itu.

Siapa sih sebenarnya sosok Yang Chil Seong? Mengapa pemuda asli Korea Selatan ini bisa sampai ke Indonesia dan mempertahankan Tanah Air dari serangan Belanda?

Dikirim Paksa oleh Jepang

Saat Jepang menjajah Asia Ternggara, termasuk Indonesia, sekitar 300.000 tahanan perang dari negara sekutu ditangkap oleh Jepang. Kala itu, Semenanjung Korea juga sedang dijajah Jepang.

Sebagian pemuda Korea pun direkrut Jepang untuk menjadi bagian dari kemiliteran. Yang Chil Seong muda yang masih berusia 23 tahun pun dikirimkan ke Indonesia untuk menjaga penampungan tahanan di Bandung.

Bertemu dengan Wanita Pribumi

Yang Chil Seong pun bertemu dengan wanita pribumi bernama Lience Wenas. Lience sering menjenguk keluarganya yang menjadi tahanan. Kisah cinta mereka pun berlanjut menjadi sebuah pernikahan.

Tak lama setelah menikah, Jepang pun dinyatakan kalah pada 15 Agustus 1945. Tetapi para pemuda Korea ini tidak langsung terbebas dari tawanan Jepang. Mereka dinilai sebagai penjahat perang.

Mempertahankan Tanah Air dari Ancaman Belanda

Yang Chil Seoung pun diberikan nama panggilan lokal, yaitu Komarudin. Ia tetap berada di Indonesia dan ikut mempertahankan Tanah Air dari ancaman Belanda yang berusaha untuk kembali mendatangi Indonesia.

Makam Yang Chil Sung
Makam Yang Chil Sung Di TMP Tenjolaya, Garut. [Foto: Ist]

Namun, Yang Chil Seong ditangkap dan dihukum mati oleh militer Belanda. Makam Yang Chil Seok berada di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya, Garut. Pada tahun 1975, pemerintah Indonesia memberinya gelar pahlawan Republik Indonesia.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Juara, Marquez Finis Kedua

Balapan utama MotoGP Spanyol 2024 di sirkuit Jerez, berjalan cukup sengit dan Francesco Bagnaia jadi juara Marquez finis kedua.

TERPOPULER

Rekomendasi :