BerandaNewsEkobizTiket Kereta Cepat Mahal? Simak Perbandingannya dengan Transportasi Lain

Tiket Kereta Cepat Mahal? Simak Perbandingannya dengan Transportasi Lain

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah telah merampungkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), moda transportasi anyar itu rencanya mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Moda transportasi kereta cepat hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan China itu memiliki satu keunggulan dibanding dengan moda transportasi lainnya, yakni waktu tempuhnya yang cukup singkat.

Dengan jarak sejauh 142,3 kilometer, waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung dengan kecepatan di atas 300 kilometer per jam diperkirakan hanya sekitar 30-40 menit.

Kendati demikian, harga yang harus dibayar untuk naik kereta cepat lebih mahal dibandingkan moda transportasi lainnya, seperti Kereta Api (KA) Argo Parahyangan, mobil travel, KA Cikuray, bus, bahkan mobil pribadi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Meskipun belum jelas berapa harga pastinya, namun harga untuk tiket kereta cepat Jakarta-Bandung nantinya akan berada di kisaran harga Rp250.000 sampai Rp350.000 per penumpang.

Dipantau Holopis.com dari berbagai sumber, harga tiket kerta cepat Jakarta-Bandung tersebut lebih mahal dua kali lipat bila dibandingkan dengan Kereta Api Argo Parahyangan yang biayanya hanya Rp150.000.

Bahkan, harga tersebut jauh lebih mahal lagi jika dibanding dengan Kereta Api Cikuray yang biayanya hanya Rp45.000.

Adapun jika menggunakan mobil travel, biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung diperkirakan Rp120.000, masih lebih murah dibanding naik kereta cepat.

Kemudian jika menggunakan bus, biaya yang dibutuhkan dengan rute dari Jakarta ke Bandung sebesar Rp97.000.

Dengan menggunakan mobil pribadi, biaya yang dikeluarkan dari Jakarta ke Bandung sebesar Rp140.500 hingga Rp216.000.

Untuk biaya termurah menggunakan mobil pribadi itu didapat dengan asumsi satu liter Pertalite seharga Rp10.000 per liter untuk 20 kilometer, dan tarif tol Jakarta-Bandung Rp66.000.

Sementara untuk biaya Rp216.000, didapat dengan satu liter Pertalite untuk perjalanan 10 kilometer, dengan tarif tol Jakarta-Bandung yang sebesar Rp66.000.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS