Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanHewan Rabies Dilarang Masuk Pulau Timor

Hewan Rabies Dilarang Masuk Pulau Timor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kasus rabies di Kabupaten TTS (Timor Tengah Selatan), NTT, telah mengakibatkan 1 orang meninggal dunia.

Guna mencegah kejadian virus rabies meluas, pihak Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang menutup Pulau Timor dari lalu lintas hewan pembawa rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan kera.

Penutupan tersebut dilakukan sejak 30 Mei 2023, baik melalui jalur darat, laut dan udara. Termasuk melalui pintu lintas batas negara (PLBN).

“Instruksi dari saya untuk menutup Pulau Timor dari lalu lintas HPR,” kata Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Yulius Umbu Hunggar dalam keterangan tertulis dikutip Holopis.com, Minggu (4/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Yulius mengatakan, instruksi menutup pintu keluar masuk pulau Timor dari HPR untuk menjaga agar penyakit ‘anjing gila’ yang saat ini mewabah hingga ke lainnya di NTT serta negara tetangga.

Sementara itu, pihak Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengatakan selama tahun 2023 tercatat lebih dari 31 ribu kasus gigitan GPHR (gigitan hewan penular rabies) yang akibatkan 11 orang meninggal dunia.

“95 persen kasus rabies pada manusia didapatkan lewat gigitan anjing yang terinfeksi,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr Imran Pambudi, MPHM pada konferensi persnya.

Dr. Imam menambahkan, kasus rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan dinyatakan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa).

“Pulau Timor itu tidak pernah melaporkan kasus rabies. Jadi begitu ada satu kasus, itu sudah dianggap bahaya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS