Copillot Jadi AI Windows 11 yang Bisa Berfungsi Sebagai Asisten Pribadi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Microsoft mulai menyiapkan kecerdasan buatan (AI) untuk semua produknya, salah satunya Windows 11 yang punya asisten AI dengan nama Windows Copilot yang mirip dengan Copilot di Edge, Office, dan bahkan GitHub.

Perbedaannya, Windows Copilot ini sudah terintegrasi secara mendalam di Windows 11 dan bisa dipakai langsung dari taskbar di berbagai aplikasi yang sedang dibuka.

Dikutip Holopis.com dari The Verge, Kamis (25/5), pengguna bisa saja menyuruh Copilot untuk berbagai hal, seperti melakukan pengaturan tertentu pada PC.

Head of Windows and Devices di Microsoft, Panos Panay mengatakan AI tersebut bisa berfungsi untuk jadi asisten pribadi.

“Saat dibuka, sidebar Windows Copilot akan tampil secara konsisten di semua aplikasi, program, dan windows, selalu tersedia untuk berfungsi sebagai asisten pribadi anda,” katanya.

“Hal ini membuat semua pengguna menjadi power user, membantu anda mengambil langkah, melakukan kustomisasi pengaturan, dan menghubungkan semua aplikasi favorit anda secara seamless,” sambungnya.

Fungsi Copilot di Windows 11, salah satunya adalah meringkas konten yang ditampilkan dalam aplikasi, dan menulis ulang konten tersebut, atau bahkan menjelaskan konten tersebut.

Tampilan dan fungsinya, sangat mirip dengan kotak dialog yang ada di Bing Chat. Namun, tidak mengganti search bar karena fungsi dan cara mengaksesnya berbeda.

Copilot lebih tepat dibandingkan dengan Cortana, namun dengan kemampuan yang jauh lebih tinggi. Bahkan Microsoft pun menyebut Copilot sebagai asisten pribadi, yang sangat mirip dengan sebuah ‘asisten produktivitas pribadi’ yang menjadi definisi Cortana.

Windows Copilot baru akan diuji secara publik pada Juni mendatang, setalah itu fitur ini akan disebar ke pengguna Windows 11 secara luas.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
Tidak ada revisi yang ditemukan.
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER