Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

3 Tips Pola Hidup Sehat bagi Pengidap Maag, Simak Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Maag atau yang disebut juga dispepsia, merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dialami beberapa orang. Hal ini terjadi, akibat timbulnya radang pada dinding lambung bagian dalam secara terus-menerus, sehingga lapisan dinding lambung luka atau dikenal dengan tukak lambung.

Gejala umum maag, yaitu rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, biasanya gejala tersebut dirasakan penderita maag setelah makan. Adapun, gejala umum yang telah disebutkan ada pula gejala tidak khas seperti mual, hilangnya nafsu makan, perut panas, sampai kesulitan mencerna makanan berlemak.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui pola hidup yang sehat bagi penderita maag. Agar tidak sering kambuh, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi RS Islam, Minggu (2/4).

1. Mengurangi Stres
Cara pertama yang dapat dilakukan penderita maag, untuk mencegahnya kambuh kembali adalah kurangi stres. Pahami penyebab stres yang dialami, sehingga lebih mudah untuk mengontrolnya, dengan melakukan berbagai hobi atau kegiatan yang disukai dikala waktu luang. Adapun, anda dapat melakukan yoga dan meditasi guna mengatasi rasa stres.

2. Berolahraga
Dengan memperbanyak aktivitas fisik, seperti berolahraga dapat mengobati penyakit maag. Anda dapat memulainya, dengan olahraga ringan terlebih dahulu lalu tingkatkan intensitas olahraga secara perlahan. Biasakan, untuk menunggu beberapa saat setelah makan dengan jeda beberapa waktu sebelum mulai berolahraga.

3. Mengatur Pola Makan
Pola hidup sehat yang disarankan bagi pengidap maag, yang terakhir yaitu makan secara teratur, dalam waktu yang lebih sering dengan porsi yang dibatasi. Hal ini bertujuan, agar mencegah terjadinya peningkatan asam lambung yang menjadi penyebab nyeri. Disarankan agar tidak melewatkan jam makan, serta tidak makan secara berlebihan. Adapun, penderita maag wajib menghindari makanan berlemak, makanan pedas, minuman bersoda, kafein, merokok, dan alkohol. Dianjurkan, untuk mengunyah makanan lebih lama supaya meningkatkan volume air dalam makanan tersebut.

Oleh sebab itu, penderita maag dianjurkan untuk, konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus dan sedapat mungkin hindari makanan yang digoreng. Serta hindari konsumsi sayuran tertentu seperti kembang kol, kol, kubis brussel, dan brokoli yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Dengan melakukan tips yang telah kami jabarkan sebelumnya, anda dapat mengurangi kambuhnya maag yang mengganggu. Pola hidup yang sehat serta pola makan yang teratur, akan membuat anda terhindar dari penyebab atau bahkan penyakit maag itu sendiri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru