Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejarah Hari Lahir Kementerian Agama 3 Januari

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari lahir Kementerian Agama (Kemenag) diperingati setiap tanggal 3 Januari. Terbentuknya lembaga yang dahulunya bernama Departemen Agama itu menuai berbagai rintangan.

Bermula pada 11 Juli 1945, dimana saat sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPKUPKI), Mohammad Yamin beradu argumen dengan anggota BPUPKI lainnya tentang pembentukan Kementerian Agama

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Kemenag, Mohammad Yamin kala itu memberikan usul terkait perlunya pembentukan kementerian yang istimewa, berhubungan dengan agama dan memberi jaminan pelayanan kepada umat Islam.

Pada sidang tersebut, Yamin kurang memperoleh suara dan dukungan dari anggota BPUPKI yang lain. Akhirnya, ia berusaha menyuarakan pendapatnya kembali ketika sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai pengganti BPUPKI berlangsung, tanggal 19 Agustus 1945.

Ternyata, perjuangan ini tidak digubris sama sekali seperti yang terjadi pada sidang BPUPKI sebelumnya. Dengan anggota PPKI yang terdiri dari 27 orang, 19 orang tidak menyetujui pembentukannya.

Ki Hadjar Dewantara merupakan salah satu orang yang menolak usul Yamin dan menganggap bahwa masalah agama dapat dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Perjuangan Berlanjut

Pendapat Yamin mengenai dibutuhkannya kementerian yang mengatur urusan agama ini sempat berada di titik akhir. Akan tetapi, perjuangan untuk melahirkan Kemenag belum berhenti.

Pada masa-masa akhir 1945, KH Abudardiri, KH Saleh Su’aidy, dan M. Sukoso selaku anggota KNIP dari Karesidenan Banyumas melanjutkan perjuangan Yamin yang sempat menyerah. Mereka mengusulkan pembentukan Kemenag kepada Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP).

Saleh mengingatkan, agar urusan agama tidak hanya disambilkan kepada Kementerian Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan saja. Menurutnya, di negara yang sudah merdeka tentu perlu ada kementerian yang khusus dan tersendiri.

Ternyata, usulan tersebut mendapat respons yang lebih baik. Mereka mendapatkan suara dari M. Natsir, Muwardi, Marzuki Mahdi, dan Kartosudarmo yang juga merupakan anggota KNIP.

Berkat perjuangan itu, akhirnya pemerintah memberikan ketetapan No.1/S.D. pada 3 Januari 1946. Ketetapan itu berisi, Presiden Republik Indonesia, mengingat usul Perdana Menteri dan BP-KNIP, memutuskan mengadakan Departemen Agama, lalu mengangkat H. M. Rasjidi sebagai Menteri Agama.

Semenjak keluarnya keputusan tersebut, 3 Januari 1946 ditetapkan sebagai Hari Departemen Agama dan diperingati setiap tahunnya.

Kini, departemen yang sekarang berubah namanya menjadi Kementerian Agama Republik Indonesia telah mencapai umurnya yang ke-75.

Sebagai informasi Sobat Holopis, Kemenag di dalam tata pemerintahan tentu memiliki fungsinya tersendiri mewakili bidang keagamaan. Berikut ini fungsinya:

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang keagamaan.
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama.
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Agama.
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervise atas pelaksanaan urusan Kementerian Agama di daerah.
  5. Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional.
  6. Pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru