Selasa, 25 Juni 2024
BerandaOtoteknoTeknoTeknologi 5G Bisa Ciptakan Layanan Kesehatan Digital yang Baik

Teknologi 5G Bisa Ciptakan Layanan Kesehatan Digital yang Baik

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemanfaatan teknologi di dunia kesehatan, diperkirakan akan terus meningkat.

Apalagi ditengah pandemi Covid 19 yang masih melanda, Head of APAC 5G Industry Community GSMA Terence Wong mengatakan permintaan layanan kesehatan yang lebih baik dan mudah diakses melalui sistem digital.

“Kami melihat ada pertumbuhan yang signifikan di tahun-tahun mendatang. Jika melihat data, 99 persen organisasi layanan kesehatan sudah melakukan transformasi digital,” kata Wong, (17/2).

Dalam pemaparannya di webinar How 5G and IoT Tech Will Transform Healthcare, Wong menjelaskan pertumbuhan untuk teknologi kesehatan digital di pasar global akan tumbuh dari 174,7 miliar dolar AS (sekitar Rp2,5 ribu triliun) pada tahun 2021 menjadi 384,8 miliar (sekitar Rp5,5 ribu triliun) pada tahun 2026, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 17,1 persen untuk periode 2021-2026.

Penerbit Iklan Google Adsense

World Health Organization (WHO) sendiri sudah melakukan digitalisasi layanan kesehatan sejak tahun 2005, bahkan 120 negara sudah menyatakan mendukung kebijakan tersebut dengan pengembangan layanan kesehatan digital.

Sedangkan di ASEAN Digital Master Plan, salah satu prioritas utama pelayanan publik adalah peningkatan kesehatan digital.

Sayangnya, kesenjangan di ASEAN masih cukup tinggi. Seperti, jumlah dokter dan jumlah tempat tidur di rumah sakit masih berada di bawah rata-rata dunia. Lalu, diperlukan juga akses kesehatan yang lebih adil, terjangkau, dan universal.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi di sektor kesehatan diperlukan untuk atasi permasalahan tersebut seperti telemedisin. Hal tersebut, bisa lebih mudah diakses oleh orang banyak. Selain itu, juga dapat meminimalkan kontak sehingga mencegah penularan COVID-19.

“Akibat pandemi, banyak pasien yang ragu untuk mengunjungi rumah sakit karena takut tertular COVID-19. Hal ini tentu meningkatkan permintaan akan telemedisin termasuk layanan kesehatan virtual secara real time,” tutur Wong.

Dalam menciptakan layanan kesehatan digital yang baik, Wong mengatakan bahwa teknologi 5G akan sangat membantu.

“Teknologi 5G memungkinkan industri untuk memberikan cakupan yang lebih baik, memberikan resolusi tinggi, hingga transfer yang sangat cepat,” imbuh dia.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Roy Suryo Sebut Ransomware Lockbit 3.0 Biasanya Pakai Ordal dalam Serangannya

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen, Roy Suryo memberikan atensi terhadap serangan ransomware yang melanda Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo).

Telkom Sebut Pelaku Peretas PDN Kominfo Minta Tebusan USD8 Juta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur Network & IT Solution Telkom Group Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa pelaku peretas data Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan...

BSSN Sebut Pusat Data Nasional Kominfo Kena Ransomware

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan bahwa pihaknya telah bergerak cepat melakukan upaya penanganan pusat data nasional sementara yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Surabaya.

Syam Basrijal Khawatir Kerusakan Pusat Data Nasional Sebab Ransomware

Praktisi dan pengamat keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa kerusakan yang dialami oleh Pusat Data Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (PSN Kominfo) bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Demi Event 10 Draw JJK Gratis Para Player MLBB Rela Ngantre Main Brawl!

Moonton selalu memberikan kejutan bagi penggemar Mobile Lagends: Bang Bang (MLBB). Kini, dunia Mobile Legends sedang di gempar dengan event 10 draw Jujutsu Kaisen (JJK) gratis, yang diberikan oleh MOONTON Games. 

Mobile Legends Hadirkan Hero Baru Zhuxin, Intip Skill-nya

Seiring dengan berakhirnya season 32, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) bakal kedatangan hero baru Mage, dengan nama Zhuxin.

HOLOPIS FEEDS