Satu Orang Warga Kota Gunungsitoli Meninggal Dunia Tertimbun Runtuhan Rumah

Lainnya :

SUMUT, HOLOPIS.COM Bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menyebabkan satu warga sekitar menjadi korban jiwa hingga meninggal dunia.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, korban jiwa tersebut meninggal pada Sabtu (18/12) ketika bencana banjir melanda 7 desa di 3 kecamatan tersebut.

“Satu orang dilaporkan meninggal dunia tertimbun rumah akibat longsor. Selain longsor, banjir juga terjadi di kawasan tersebut. Dua persitiwa terjadi setelah dilanda hujan sedang hingga lebat,” kata Abdul, Minggu (19/12).

7 desa di 3 kecamatan yang terdampak tersebut yaitu Desa Boyo, Desa Mudik, dan Desa Pasa Gunungsitoli di Kecamatan Gunungsitoli, Desa Afia, Desa Sowu, dan Desa Hilimbowo Olora di Kecamatan Gunungsitoli Utara, dan Desa Bakaru di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

“Tinggi muka air (TMA) saat kejadian berkisar antara 100 sampai 200 sentimeter. Sementara longsor berdampak pada 3 wilayah yaitu Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Barat, dan Kecamatan Gunungsitoli Alooa,” terangnya.

Abdul juga mengungkapkan, selain menyebabkan 1 orang meninggal dunia, longsor mengakibatkan 2 orang lainnya mengalami luka berat. Selain itu, lebih dari 475 KK harus mengungsi di Gereja dan Balai Desa sekitar.

“Pemerintah setempat telah menetapkan status Keadaan Darurat Kejadian Banjir dan Longsor selama 4 hari terhitung mulai Sabtu (18/12) hingga Selasa (21/12),” tukasnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Kurang Dari 24 Jam, Polres Depok Berhasil Tangkap 2 Pelaku Begal Pelajar SMP

Dalam waktu kurang dari 24 jam sejak kejadian, Polres Depok berhasil menangkap dua pelaku begal. Kasus ini terjadi di kawasan Depok pada hari Rabu 24 April 2024 kemarin.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Mau Malam Mingguan Nanti Malam? Coba Tips Ini

Malam minggu adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang, terutama bagi anak muda seperti kita. Setelah seminggu penuh dengan rutinitas dan tugas, saatnya melepas penat dan bersenang-senang.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Saat ini jenazah Jokpin tengah disemayamkan di rumah duka Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKY) di Jalan PGRI, Sonosewu, Kasihan, Bantul dan akan dimakamkan besok pagi di pemakaman Demangan.

Tips Malam Mingguan untuk Jomblowan dan Jomblowati

Ada poin penting ini nggak boleh kita lewatkan, nih khususnya buat kamu yang masih para jomblo. Jangan sampai malam minggu kamu malah jadi momen yang membosankan dan menyengsarakan ya.

Jangan Abaikan, Ini 5 Khasiat Minum Susu di Pagi Hari

Kegiatan minum susu di pagi hari biasanya hampir tidak pernah dilewati oleh anak-anak. Sebelum sekolah, atau sebelum bermain di akhir pekan, susu biasanya hampir tidak pernah dilewatkan oleh orang tua mereka.

Gibran : Daerah Padat Penduduk Bakal Jadi Atensi Khusus Pemerintah

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan skala prioritas yang digunakan pemerintah dalam menangani permasalahan masyarakat.