Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tak Ada Persiapan Khusus Kiai Maruf Amin Jadi “Presiden”

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Juru bicara Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Masduki Baidlowi mengatakan bahwa tidak ada persiapan khusus dari KH Maruf Amin untuk mengemban amanah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Presiden selama Joko Widodo berada di luar negeri.

“Tidak ada persiapan khusus,” kata pria yang karib disapa Cak Duki, Minggu (26/6).

Hal ini menurutnya, kiai Maruf Amin bukan kali ini mengemban amanat tersebut, sehingga tidak ada persiapan apapun untuk menjalankan tugas sementara sebagai Kepalan Negara.

“Karena sudah beberapa kali Presiden bepergian keluar negeri, dan wakil presiden secara otomatis akan menjadi pemimpin nasional pengganti Presiden,” jelasnya.

Lantas selama menjabat sebagai Plt Presiden, KH Maruf Amin akan menjalankan tugas-tugas Jokowi seperti biasa, yakni melakukan koordinasi dengan para menteri dan lembaga terkait jika ada pembahasan yang harus dilakukan.

“Ada juga rapat terbatas yang selama ini dijalankan oleh Presiden, lantas dijalankan oleh Wakil Presiden,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sudah mengatakan bahwa sepanjang dirinya melakukan lawatan ke luar negeri, maka tugas-tugas sementara di dalam negeri akan dikendalikan oleh wakilnya, yakni KH Maruf Amin.

“Selama saya di luar negeri pemerintahan akan dipimpin Bapak Wakil Presiden,” kata Jokowi yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6).

Diketahui, Jokowi akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara-negara di Eropa, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia. Di Jerman, Jokowi bakal menghadiri KTT G7.

“Di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru