JAKARTA, HOLOPIS.COM Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade mengapresiasi kinerja Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi beserta jajarannya dalam mengatasi permasalahan terkait pasokan minyak goreng (migor) curah.

Hal ini disampaikannya usai melihat program baru MinyakRakyat yang dicanangkan Mendag Lutfi, dapat memberikan dampak positif terhadap ketersediaan serta keterjangkauan harga minyak goreng curah saat ini.

“Tadi pagi saya lihat live instagramnya pak Menteri sedang di Pasar Kampung Ambon. Pak Menteri mendatangi dua warung pengecer yang ada spanduk MinyakRakyat. Alhamdulillah di dua pengecer itu sudah menjual minyak goreng curah seharga Rp 14.000 per liter. Di mana dalam sehari mereka bisa menjual 360 orang atau 180 liter. Terus terang ini perlu diapresiasi,” ujar Andre dalam rapat Komisi VI DPR RI, Selasa (7/6).

Andre pun mengatakan, pemerintah juga telah berupaya dengan semaksimal mungkin dalam menjalankan program MinyakRakyat, dengan menyebar minyak goreng curah pada 10.000 titik sebagaimana yang ditargetkan pemerintah.

Agar perkembangan baik ini dapat terus berlanjut, Politisi Partai Gerindra itu lantas mengusulkan agar di setiap pasar tradisional disiapkan tiga pengecer.

Ia berharap dengan bertambahnya pengecer di setiap pasar tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mendapat dan menikmati minyak goreng curah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp14.000 per liter atau Rp15.000 per kilogram (kg).

“Jadi kami dari fraksi Gerindra minta itu. Tiga Pengecer per pasar. Sehingga butuh 30.000 pengecer di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat tidak susah mengakses minyak goreng curah, masyarakat bisa menikmati minyak goreng curah,” pungkas Andre.