JAKARTA, HOLOPIS.COMPT Jasa Marga Related Business (JMRB) mengaku telah berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk membatasi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU berada di wilayah rest area.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB, Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, kebijakan ini diambil guna meminimalisir potensi antrean panjang kendaraan saat mengisi bahan bakar.

“Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU. Namun, jika hal tersebut masih belum berdampak, petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri,” jelas Meta dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jumat (6/5).

Tak hanya itu, anak perusahaan PT Jasa Marga itu juga mengatakan, bahwa pihaknya akan meningkatkan sejumlah layanan operasional di rest area, seperti menambah petugas rest area hingga menjamin ketersediaan parkir. Hal ini dilakukan guna memastikan kelancaran para pemudik saat arus balik Lebaran 2022.

Meta juga menambahkan, pihaknya akan mengalihfungsikan beberapa toilet pria menjadi toilet wanita. Hal itu akan dilakukan apabila terjadi antrean pemudik di toilet wanita.

Peningkatan pelayanan operasional lainnya juga diwujudkan dengan melakukan rekayasa buka-tutup rest area, jika terjadi penumpukan kendaraan hingga main road. Untuk hal ini, kata Meta, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni Kepolisian, Mitra Pengelola Rest Area, dan Representative Office Jasa Marga.

Dengan ditambahnya sejumlah pelayanan operasional, PT JMRB berharap pelaksanaan arus balik Lebaran tahun ini di rest area dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman. Sehingga, para pengguna jalan tol dapat kembali ke kota masing-masing dengan selamat.