JAKARTA, HOLOPIS.COM Sistem operasi (OS) Android dapat pembaruan, dengan hadirnya Android 13. OS ini disebut bisa tingkatkan pengalaman gaming yang lebih cepat dan mulus.

Seperti dilansir dari Phone Arena, Sabtu (16/4), OS Android 13 akan ditambahkan banyak peningkatan dengan orientasi game oleh Google.

Peningkatan yang dilakukan seperti saat menerapkan metode setGameState, yang memungkinkan game yang sedang dimainkan memberi tahu handphone tentang keadaannya saat ini. Dengan begitu, handphone bisa memberikan keputusan apakah game bisa diinterupsi atau tidak.

Lebih menarik lagi, metode setGameState ini bisa membuat game bisa mengomunikasikan informasi proses pemuatan.

Kemudian handphone akan bertindak sesuai dengan informasi yang diterimanya dan meningkatkan kinerja CPU menggunakan mode GAME_LOADING baru.

Namun, hal tersebut bukan hal baru karena sudah banyak produsen memiliki cara sendiri untuk mengalokasikan lebih banyak daya ke chip ponse agar bisa meningkatkan kinerja game dan waktu pemuatan.

Namun, memiliki built-in di Android itu sendiri dapat membuat ini lebih mudah dilakukan dan bahkan membuatnya lebih efektif, mengingat itu adalah fitur perangkat lunak pihak pertama.

Peningkatan ini dimaksudkan Google, untuk semua handphone yang diluncurkan dengan OS Android 13. Tetapi, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk perangkat lain yang akan ditingkatkan dari Android 12 dan sebelumnya.

Sebelumnya, Google juga sudah menghadirkan beberapa fit6 di OS Android 12, seperti opsi bagi pengembang game untuk menerapkan mode performa game yang berbeda seperti kecepatan refresh tinggi, efisiensi daya, atau kualitas tinggi.

Asphalt 9 dan Genshin Impact, adalah beberapa game yang menggunakan opsi tersebut.