Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Resmi Lantik Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (12/4).

Berdasarkan tayangan video siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian, disusul pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pengangkatan Anggota KPU dan Bawaslu oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Prosesi pelantikan pun berlanjut pada pembacaan sumpah jabatan.

Pada prosesi ini, para anggota KPU dan Bawaslu mengikuti ucapan sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi, selaku pemimpin pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum/sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Setelah sumpah dan janji jabatan itu diucapkan Jokowi dan diikuti seluruh anggota KPU dan Bawaslu, lagu Indonesia Raya kembali dilantunkan dan acara berlanjut.

Masuk ke acara terakhir, Jokowi dan sejumlah menteri yang hadir menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota KPU dan Bawaslu yang telah resmi dilantik.

Tampak hadir dalam agenda pelantikan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Berikut daftar anggota KPU periode 2022-2027

Betty Epsilon Idroos
Hasyim Asy’ari
Mochammad Afifudin
Parsadaan Harahap
Yulianto Sudrajat
Idham Holik
August Mellaz

Berikut daftar anggota Bawaslu periode 2022-2027

Lolly Suhenty
Puadi
Rahmat Bagja
Totok Hariyono
Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru