Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Dalam Menyambut Bulan Ramadan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bulan Ramadan atau Puasa merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, bulan ramadan menyimpan berbagai makna penting dalam ajaran Islam, salah satunya adalah sebagai bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur’an dan bulan penuh berkah serta ampunan.

Selama bulan Ramadan berlangsung, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari dan merayakan kemenangannya pada perayaan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriah.

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentunya bulan puasa selalu disambut dengan begitu meriah oleh berbagai masyarakat di penjuru Nusantara.

Lalu, apa saja tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah Nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan?

1. Nyorog, Betawi

Tradisi Betawi yang disebut dengan Nyorog dilakukan dengan membagikan bingkisan kepada saudara-saudara sebelum memasuki bulan puasa dan juga sebelum Idulfitri.

Tradisi yang dilakukan oleh warga Betawi di Jakarta ini umumnya berawal dari anggota keluarga termuda yang mengunjungi saudara-saudaranya yang lebih tua dan orang yang dituakan di kampungnya, lalu membagikan bingkisan berupa sembako dan makanan khas Betawi.

Dahulu, bingkisan yang dibagikan ketika melakukan Nyorog diletakkan di dalam rantang yang terbuat dari anyaman daun pandan. Namun, seiring perkembangan zaman, kini masyarakat betawi menggunakan rantang besi atau kotak makan untuk membagikan bingkisan Nyorog.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Simak Makna Spiritual Hari Siwa Ratri, Lengkap Beserta Tradisi dan Upacaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Siwa Ratri, juga dikenal sebagai...

Budaya Srawung untuk Persiapan Hajatan Nikah di Wonogiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hallo sobat Holopis, Indonesia memang negara...

Keutamaan Menjalankan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Setelah menjalankan ibadah puasa wajib di...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru