BANDUNG, HOLOPIS.COMGubernur Jawa Barat, Mochammad Ridwan Kamil merasa bangga dengan indeks kebahagiaan menurut provinsi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Di dalam data BPS, perbandingan indeks kebahagiaan warga Jawa Barat antara 2017 dan 2021 cukup menggembirakan, ada kenaikan di sana.

“Berita Baik, Jawa Barat indeks kebahagiaan warganya naik 0,65 poin dari 69,58 di tahun 2017 menjadi 70,23,” kata Ridwan Kamil, (2/1).

Pun demikian, Kepala Daerah yang karib disapa Kang Emil itu menyebut, bahwa indeks kebahagiaan dalam skala nasional masih kurang baik. Karena standar kebahagiaan nasional setidaknya ada di angka minimal 70,60 persen.

“Namun jika berdasarkan indeks se Indonesia, Jawa Barat masih jauh dari optimal,” ujarnya.

Lalu Kang Emil pun mempertanyakan kepada masing-masing warga di Jawa Barat, apakah mereka merasa bahagia saat ini.

Namun jika tidak, maka sebaiknya masyarakat bisa mencari kebahagiaan mereka masing-masing. Bagi Kang Emil, kebahagiaan itu harus diwujudkan oleh masing-masing individu.

“Semoga iya. Jika tidak, mari bersama kita cari cara. (Karena) bahagia itu diciptakan bukan ditunggu. Happiness is made not given,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kang Emil juga mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi agar indeks kebahagiaan warga Jabar juga meningkat.

“Karena memberikan bahagia itu tugas semua kemanusiaan. Mari melakukan sesuatu untuk memberi bahagia kepada ke sekeliling kita,” pungkasnya.