JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta komitmen pemberantasan tindak pidana korupsi tak berhenti pada pada hal yang sifatnya seremonial dan administratif semata.

Hal tersebut disampaikan dalam acara penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang digelar di Jakarta, (20/12).

“Untuk itu, komitmen pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti hanya pada hal-hal yang bersifat seremonial ataupun administratif semata,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf lantas menegaskan kualitas pelayanan publik masyarakat harus tetap berjalan dengan baik. Pelbagai upaya seperti adanya roadmap Reformasi Birokrasi, pakta integritas, maupun anugerah WBK dan WBBM harus dimanifestasikan dalam budaya kerja organisasi dan pelayanan publik.

Ia berharap segala upaya mewujudkan wilayah bebas korupsi serta birokrasi bersih dan melayani harus terus diselenggarakan. Baik oleh unit-unit kerja di bawah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Agar masyarakat dapat menikmati beragam pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah, dan inklusif,” pesannya.

Oleh karena itu, Ma’ruf menegaskan saat ini menjadi kesempatan baik untuk introspeksi seluruh pemangku kepentingan. Mereka harus berupaya agar terus berbenah memperbaiki kualitas karakter diri dan organisasi demi memperbaiki pelayanan publik kepada masyarakat.