HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Pembukaan kegiatan Pelatihan SAR Medical First Responder (MFR) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan yang berjalan mulai dari tanggal 26 September – 2 Oktober 2024 bertempat di Asrama Haji Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Pelaksanakan Pelatihan Potensi SAR yang merupakan program dari Basarnas melalui KPP Balikpapan tahun ini bertema Medical First Responder (MFR). Pelatihan kali ini berjumlah total 50 peserta yang mengikuti dari berbagai instansi, satuan dan organisasi di kota Balikpapan dan sekitarnya. 

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR Medical First Responder tahun 2024 yang diawali oleh laporan ketua panitia oleh Rio Banupanitis. selaku Kepala Sesi Sumber Daya KPP Balikpapan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan potensi SAR ini sebagai pelaksanaan fungsi pembinaan terhadap potensi pencarian dan pertolongan guna memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk pelatihan Medical First Responder (MFR).

“Pelatihan ini juga bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis bidang pertolongan pertama pada korban, juga menjadikan forum berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergitas dan soliditas antara KPP Balikpapan dan Potensi SAR,” tutur Rio dalam sambutannya Kamis (26/9) seperti dikutip Holopis.com

Acara dilanjut dengan penyematan tanda peserta dan sambutan oleh Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Basarnas Anggit Mulyo Satoto bahwa, pelatihan potensi SAR merupakan kegiatan rutin yang ada dalam agenda Basarnas yang tertuang dalam dipa kantor pencarian dan pertolongan dalam hal ini KPP Balikpapan melaksanakan pelatihan otensi SAR medical first responder tahun 2024.

“Diharapkan kepada para peserta agar dapat bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan pelatihan yang berjalan selama tujuh hari ini,” harap Anggit.

Pelatihan potensi SAR medical first responder yang diselenggarakan oleh KPP Balikpapan merupakan wujud Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam membina potensi SAR agar dapat menunjang pelaksanaan operasi SAR yang dapat datang kapan saja, di mana saja.