HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengaku sangat bersyukur atas upaya pembebasan pilot Susi Air, Philip Mehrtens.

Presiden Terpilih itu pun lega ketika Philips akhirnya berhasil dibebaskan Satgas Operasi Damai Cartenz gabungan TNI-Polri dari sekapan teroris Papua selama satu tahun lebih.

“Ya, kita bersyukur, ya,” kata Prabowo Subianto dalam pernyataannya pada Rabu (25/9) seperti dikutip Holopis.com.

Upaya pembebasan itu pun menurut Prabowo Subianto, tidak lepas dari hasil kerja sama yang baik antara semua pihak. Baik itu dari kalangan aparat maupun dari masyarakat.

“Tentu saja penyelesaian yang baik tanpa kekerasan ini akibat kerja sama yang baik dari semua unsur,” tukasnya.

Adapun diketahui, kini Kapten Philip telah diserahkan oleh pemerintah Indonesia kepada Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (21/9) malam.

Sebelum penyerahan berlangsung, Kapten Philip telah menjalani beberapa treatment antara lain, pemeriksaan medis dan psikologi, serta pengambilan keterangan di Timika, Mimika, Papua.

Setelahnya, pilot maskapai Susi Air tersebut diterbangkan dari Lanud Yohanis Kapiyau, Timika menuju Jakarta, dengan menggunakan pesawat boeing milik TNI AU (Angkatan Udara), sekitar pukul 15.30 WIT.