HOLOPIS.COM, SUMATERA UTARA – Ketua KPU Sumatera Utara, Agus Arifin memimpin rapat pleno terbuka tentang pengundian dan penetapan nomor urut Pilgub Jawa Timur untuk agenda Pilkada 2024.

“Memutuskan menetapkan keputusan KPU Sumatera Utara tentang penetapan nomor urut pasangan calon peserta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2024,” kata Agus dalam membacakan dokumen rapat pleno yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Medan, Sumatera Utara, Senin (23/9) seperti dikutip Holopis.com.

Hadir dua pasangan calon dalam Pilgub Sumut 2024. Mereka antara lain ; Muhammad Bobby Afif Nasution – Surya, dan Eddy Rahmayadi – Hasan Basri. Kedua paslon tersebut mengenakan baju yang berlawanan. Untuk pasangan Bobby-Surya mengenakan kemeja putih. Sementara pasangan Eddy-Hasan mengenakan setelan hitam.

Kemudian, kedua pasangan tersebut maju ke podium untuk mendapatkan nomor urut setelah proses undian. Hasilnya adalah ;

  • Pasangan Bobby-Surya mendapatkan nomor urut 1,
  • Pasangan Eddy-Hasan mendapatkan nomor urut 2.

“Nomor urut 1 atas nama Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution dan Surya, berikutnya nomor urut 2 atas nama Bapak Edy Rahmayadi dan Bapak Hasan Basri Sagala,” ucap.

Kekuatan Politik ;

Untuk diketahui, bahwa pasangan Bobby-Surya diusung 10 partai politik. 10 partai politik itu adalah Gerindra, Golkar, NasDem, Demokrat, PAN, PKB, PKS, Perindo, PPP dan PSI.

Dengan sokongan banyak partai, Bobby-Surya memiliki 74 dari 100 kursi di DPRD Sumut. Jika berdasarkan suara sah, Bobby-Surya didukung 5.493.530 dari 7.351.389 suara sah di Pileg 2024.

Sementara itu, pasangan Edy-Hasan diusung 6 partai politik di Pilgub Sumut. Keenam partai itu adalah PDIP, Hanura, Partai Buruh, PKN, Partai Ummat dan Partai Gelora.

Keduanya didukung oleh 26 dari 100 kursi di DPRD Sumut. Jika berdasarkan suara sah, Edy-Hasan didukung 1.820.883 dari 7.351.389 suara sah di Pileg 2024.