JAKARTA, HOLOPIS.COMGuru besar ilmu komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Prof Henri Subiakto mengajak masyarakat untuk terus menjaga agar protokol kesehatan Covid-19 bisa dilakukan setiap saat.

Walaupun kata Prof Henry, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren penurunan.

“Walau keadaan Covid 19 di Indonesia terkendali baik, kita harus tetap hati-hati dan jaga prokes,” kata Prof Henry, Sabtu (6/11).

Staf khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tersebut mengatakan, bahwa saat ini kasus Covid-19 di luar negeri mengalami trend naik. Bahkan beberapa negara tetangga Indonesia juga mengalami situasi kurang baik itu.

“Singapore Australia masih tinggi, Filipina, Thailand, UK, US, Jerman, Eropa Timur hingga Russia belum mereda,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh masyarakat Indonesia tetap menjaga diri agar tidak terpapar virus Covid-19. Caranya adanya dengan patuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar di manapun dan kapanpun.

“Kalau lengah dan pongah, gelombang ketiga bisa melanda,” tegasnya.

Kasus Covid-19 hari ini

Di tengah pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), angka positif Covid-19 per Sabtu (6/11) bertambah 401 kasus, dengan tambahan jumlah kematian mencapai 15 jiwa.
Jumlah kasus baru itu membuat total kasus positif Covid-19 sejak awal pandemi mencapai 4.247.721 orang.

Kasus harian ini merupakan yang terendah sepanjang 2021. Rekor tambahan kasus terendah sebelumnya terjadi pada 1 November dengan 403 orang positif Covid-19.

Dari angkat total kasus itu, 4.093.208 di antaranya dinyatakan sembuh, usai ada angka sembuh harian mencapai 622 orang.

Menurunnya kasus Covid-19 ini juga dibarengi dengan trend angka testing yang juga cukup tinggi.