BerandaNewsEkobizKemendag Naikkan Harga Patokan Ekspor, Ada Komoditas Tembaga hingga Seng

Kemendag Naikkan Harga Patokan Ekspor, Ada Komoditas Tembaga hingga Seng

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menaikkan Harga Patokan Ekspor (HPE) pada periode Juli 2024. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 805 Tahun 2024.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Budi Santoso mengatakan, bahwa kenaikan ini dipengaruhi tingkat permintaan produk pertambangan tersebut di pasar dunia sehingga mempengaruhi penetapan HPE.

“Mayoritas komoditas produk pertambangan yang dikenakan BK masih mengalami kenaikan harga pada periode Juli 2024 jika dibandingkan dengan periode sebelumnya,” kata Budi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (29/6).

“Kenaikan harga komoditas produk pertambangan ini disebabkan karena meningkatnya permintaan di pasar dunia,” terangnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun komoditas yang mengalami kenaikan harga pada periode ini, yakni konsentrat tembaga, konsentrat timbal, dan konsentrat seng. Sedangkan untuk konsentrat besi laterit, mengalami penurunan harga pada periode ini.

Secara rinci, harga rata-rata konsentrat tembaga pada periode Juli 2024 sebesar 3.919,08/WE atau naik 0,75 persen.

Kemudian harga konsentrat timbal rata-rata di angka 903,55 USD/WE atau naik 0,66 persen, dan konsentrat seng dengan harga rata-rata 811,19 USD/WE atau naik sebesar 0,66 persen.

Sementara produk pertambangan yang mengalami penurunan harga rata-rata periode Juli 2024 yaitu konsentrat besi laterit (gutit, hematit, magnetit) (Fe 250 persen dan Al,O, 50, à 10 persen), dengan harga rata-rata 49,79 USD/WE atau turun 3,26 persen.

Penetapan HPE produk pertambangan periode Juli 2024 dilakukan dengan terlebih dahulu meminta masukan/usulan tertulis dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelum memberikan usulan tersebut, Kementerian ESDM melakukan perhitungan data berdasarkan harga yang diperoleh dari data Asian Metal, London Bullion Market Association (BMA), dan London Metal Exchange (LME).

Selanjutnya, HPE ditetapkan dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Bidang Koordinator Maritim dan Investasi Kementerian Perdagangan, Kementerian ESDM.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS