BerandaNewsRagamMenyaksikan Hewan Kurban Disembelih Ternyata Dapat Pahala, Begini Penjelasannya

Menyaksikan Hewan Kurban Disembelih Ternyata Dapat Pahala, Begini Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia. Dimana pada momen ini, terdapat ibadah berkurban bagi umat muslim yang mampu.

Namun ketika berkurban, biasanya seseorang hanya menitipkannya saja kepada panitia kurban di masjid atau mushala, tanpa menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban.

Lantas seperti apa sebenarnya hukum menyaksikan penyembelihan hewan kurban?

Menurut para ulama, ketika seseorang berkurban dan mewakilkan penyembelihan hewan kurban kepada panitia kurban, maka dianjurkan bagi pekurban untuk hadir menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

Namun hukum hadir dan menyaksikan penyembelihan hewan kurban ini adalah sunnah. Artinya, hal itu tidak harus dilakukan, namun apabila dilakukan akan mendapat pahala.

Adapun anjuran hadir menyaksikan penyembelihan hewan kurban ini dimaksudkan untuk mengharap ampunan dari setiap tetesan darah hewan kurban yang sedang kita disaksikan.

Paling utama bagi laki-laki adalah menyembelih sendiri hewan kurbannya, jika mampu. Dan sunnah bagi perempuan untuk mewakilkan sembelihan hewan kurbannya kepada orang lain.

Dalil yang dijadikan dasar mengenai masalah ini adalah hadis riwayat Imam Al-Hakim dan Al-Bazzar dari Abu Sa’id.

Ya Fatimah, datanglah ke (tempat penyembelihan) hewan kurbanmu dan saksikanlah (saat penyembelihannya), sesungguhnya bagimu dari awal tetes darah hewan kurbanmu berupa ampunan dosa yang telah lalu.

Lalu Fatimah bertanya: ‘Ya Rasulullah, apakah ini khusus untuk kelurga kita atau untuk kita dan keseluruhan umat Muslim?’ Kemudian Nabi Saw menjawab: ‘Tidak, bahkan ini berlaku untuk kita dan keseluruhan umat Muslim. Lalu beliau diam’.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS