Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jokowi Ajak Umat Bayar Zakat Demi Tingkatkan Ketakwaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengampanyekan gerakan membayar zakat bagi umat Islam di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai pengingat tentang kewajiban menyisihkan rezeki sebagai bagian dari ketaatan kepada agama.

Apalagi di momentum bulan suci Ramadan 1445 H. Orang nomor satu di republik Indonesia tersebut berdoa agar seluruh bangsa Indonesia, khususnya umat Islam yang sedang menjalankan ibadah wajib tersebut senantiasa diberikan kesehatan dan kebaikan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya berpesan kepada seluruh umat Islam, agar selalu bersyukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan, sehingga dapat kembali bertemu dengan bulan Ramadan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (14/3).

Kemudian, ia juga mengajak umat Islam untuk mengisi bulan suci Ramadan sebagai berbagai amalan yang baik dan bernilai pahala. Salah satunya adalah dengan bersedekah dan membayarkan zakat, baik zakat mal (zakat harta) maupun zakat fitrah.

“Mari kita bersama-sama memanfaatkan bulan Ramadan dengan meningkatkan ketakwaan, dan memperbanyak amalan kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah, dan berzakat,” ujarnya.

Harapannya, pembayaran zakat adalah sebuah spektrum untuk meningkatkan nilai ketakwaan kepada agama dan Tuhannya.

“Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadan kita, meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” tutur Jokowi.

Lantas, Jokowi juga mengatakan bahwa di Istana Negara telah dilakukan gerakan simbolis untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat (Baznas) yang dikelola oleh pemerintah. Di sana, ia pun berpesan agar zakat yang disalurkan umat melalui lembaga amil zakat tersebut dapat disalurkan sebaik mungkin.

“Saat menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024, saya mengingatkan agar zakat yang terkumpul dapat disalurkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru