Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sering Belanja Online, Tetap Waspada dari Para Penipu

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Belanja online saat ini banyak digandrungi berbagai kalangan, dan tetap berhati-hati dan waspada saat belanja di online shop.
Bisa jadi, ada akun penjual yang digunakan untuk melakukan tindakan penipuan. Subnit Cyber Reskrimsus Polres Metro Jakarta Barat, dalam laman instagramnya memberikan tips agar terhindar dari dari penipuan online.
Dijelaskan beberapa ciri-ciri akun penipuan, “pertama akun media sosial (medsos) nya baru dibuat, kedua akun medsos penipuan biasanya cendrung menutup kolom komentar, ketiga tolak bayar ditempat (COD), keempat tidak mau video callcall dan kelima informasi produk minim,” jelas dalam akun Instagram Polres Metro Jakarta Barat, yang dilihat pada Rabu (17/3).

IMG 20210317 083848
Instagram Polres Metro Jakarta Barat

Selanjutnya tips aman bagi yang ingin belanja online, “pertama periksa identitas penjual dan ulasan yang ada, kedua jangan berikan banyak informasi, ketiga belanjalah di situs online terpercaya, keempat periksa tampilan dan kebijakan situs, kelima pastikan pembayaran secara amanaman, keenam jangan beli bila terlalu bagus dan murah dan ketujuh baca hak konsumem,” tambahnya.
Dalam akun tersebut, disarankan jika mengalami penipuan online bisa melaporkannya. “jika anda mengalami penipuan online shop, laporkan melalui https://patrolisiber.id,” ungkap laman tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru