HOLOPIS.COM, BLITAR – Saat berkunjung ke Jawa Timur, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyempatkan diri ziarah ke makam Proklamator Indonesia Ir. Soekarno di Blitar, pada hari Minggu 17 Desember 2023.

Prabowo yang tiba sekitar pukul 11.25 WIB, langsung menyapa warga yang ada di sekitar lokasi makam. Tak sedikit warga Blitar yang meneriakkan ‘Prabowo Presiden’ ketika melihat sosok Prabowo ada di hadapan mereka secara langsung.

“Prabowo Presiden!,” seru para warga Blitar.

Usai menyapa warga, Prabowo langsung masuk ke area makam Bung Karno untuk melakukan Ziarah Makam, menaburkan bunga hingga berdoa.

Prabowo di Blitar 2
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12). [Foto : Istimewa]

Setelah berdoa selama sekitar 15 menit, Prabowo membungkuk dan menabur bunga ke makam Soekarno dan kedua orangtuanya, R. Soekarni Sosrodihardjo dan Ny. Ida Aju Njoman Rai.

“Beliau Proklamator, beliau pejuang, pahlawan, jadi, kita hormati pahlawan-pahlawan kita,” ujar Prabowo usai melakukan Ziarah seperti dikutip Holopis.com, Minggu (17/12).

Menurut Prabowo, Ir. Soekarno juga adalah sosok yang patut dihormati atas jasa besarnya menyatukan Bangsa Indonesia.

“Beliau adalah salah satu tokoh besar yang mengangkat bangsa kita merdeka. Beliau mempersatukan Nusantara. Jadi, saya kira patut kita hormati,” kata Prabowo.

Usai berziarah, antusiasme masyarakat meningkat ketika Prabowo keluar area makam dan menuju ke mobil.

Mereka tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen bersama capres nomor urut dua tersebut. Mereka juga berdesakan dan berebut untuk bersalaman.

Prabowo didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto atau kerap disapa Didi.

Di Blitar Jawa Timur ini Prabowo juga akan menghadiri Deklarasi Relawan Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia yang mendukung Prabowo-Gibran 2024 yang dihelat di GOR Soekarno Hatta.