HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi mengumumkan 2 (dua) orang moderator debat perdana calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres), yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023 besok, pukul 19.00 WIB.

Adapun kedua sosok moderator tersebut yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

“Moderator untuk diskusi atau debat pertama Capres-Cawapres yaitu ; Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel,” kata Komisioner KPU RI, August Mellaz pada akhir pekan kemarin, seperti dikutip Holopis.com, Senin (11/12).

Berdasarkan agenda yang ada, keduanya akan memimpin jalannya debat para calon pemimpin bangsa yang rencananya berlangsung selama 120 menit atau 2 jam.

Bagi Sobat Holopis yang penasaran dengan sosok kedua moderator, berikut profilnya yang telah dirangkum Holopis.com dari berbagai sumber ;

Profil Dua Moderator Debat Capres-Cawapres Pertama

Nama Ardianto Wijaya Kusuma sudah banyak dikenal publik lantaran aktivitasnya sebagai news anchor TVRI. Berikut adalah profil singkat pria yang karib disapa Jaya tersebut ;

Nama Lengkap : Ardianto Wjaya Kusuma
Tempat Tanggal Lahir : Banyuwangi, 25 Agustus 1993 (30 tahun),
Pendidikan : S1 Program Jurnalistik di Universitas Sebelas Maret,
Pekerjaan : Jurnalis / News Anchor di TVRI,
Akun Instagram : @ardiantowijayak

Sementara itu, rekan duet Ardianto yakni Valerina Daniel adalah seorang jurnalis dan penasihat komunikasi dan keberlanjutan untuk pemerintah Indonesia. Dan berikut adalah profil singkatnya ;

Nama Lengkap : Valerina Daniel
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 28 November 1978 (45 tahun),
Pendidikan : S1 FISIP Jurusan Hubungan Internasional dan S2 bidang Komunikasi dan Media di Universitas Monash Australia,
Pekerjaan : Jurnalis / News Anchor TVRI World,
Akun Instagram : @valerinadaniel

Sekadar diketahui, bahwa tema debat pertama untuk capres-cawapres di pemilu 2024 ini adalah Hukum, HAM, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi.

Ke depan, para capres-cawapres masih akan melakoni empat kali debat dengan tema ysng berbeda. Berikut jadwal dan temanya.

  • 12 Desember 2023 : Hukum, HAM, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi.
  • 22 Desember 2023 : Pertanian, keamanan, geopolitik dan hubungan internasional.
  • 7 Januari 2024 : Ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), infrastruktur dan pengelolaan APBN.
  • 21 Januari 2024 : Energi, sumber daya alam, pajak karbon, pangan, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat.
  • 4 Februari 2024 : Teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan.