HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam hasil survei Lembaga Survei Populi Center yang dirilis Kamis 9 November 2023, menunjukkan elektabilitas pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei tersebut dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam rilis surveinya, Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati memaparkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul, berada di angka 43,1 persen.

Sementara itu, elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 23 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3 persen.

“Sebesar 43,1 persen publik memilih Prabowo-Gibran, di urutan kedua Ganjar-Mahfud, di urutan ketiga Anies-Muhaimin 22,3 persen,” ujar Hartanto yang dikutip Holopis.com, Kamis (9/11).

“Ini kita melihat angka yang setidaknya cukup jauh antara ranking 1 dan ranking 2. Ini merupakan pekerjaan rumah masing-masing kandidat bagaimana menjaga elektabilitas suara,” sambungnya.

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center:

1. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,1%
2. Ganjar Pranowo-Mahfud Md 23%
3. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3%

Belum memutuskan 10,0%
Menolak menjawab: 1,6%