HOLOPIS.COM, JAKARTASmartphone sudah menjadi barang penting dalam kehidupan manusia. Menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama kemungkinan smartphone akan mulai melemah karena usia.

Smartphone dapat digunakan rata-rata 2 hingga 4 tahun bahkan lebih, sehingga membuat HP menjadi melemah performanya karena usia. Tetapi tak perlu khawatir, beberapa trik ini bisa membuat smartphone menjadi tahan lama.

  • Hindari suhu panas pada smartphone

Hindari menggunakan smartphone dari cuaca ekstrem atau melakukan apa pun yang menyebabkan kondisi smartphone terlalu panas. Idealnya, smartphone harus selalu berada di antara suhu 32° hingga 95 °F (0° hingga 35 °C). Peringatan, jangan gunakan smartphone saat sedang di-charge karena itu menghasilkan lebih banyak panas.

  • Instal aplikasi smartphone sesuai spesifikasi software dan hardware-nya

Selanjutnya hal penting saat merawat smartphone yakni gunakan sesuai dengan spesifikasi software dan hardwarenya. Artinya, jangan memaksakan penggunaan smartphone bila kartu grafis dan dukungan software tidak mendukung.

  • Restart atau matikan smartphone seminggu sekali

Melakukan restart atau mematikan dapat membuat smartphone jadi lebih awet. Karena semua komponen-komponen mesin smartphone dapat beristirahat, sehingga membuat kinerja smartphone jadi lebih maksimal karena telah melalui proses restart secara rutin.

  • Bersihkan semua lubang, layar, kamera, hingga bagian belakang

Membersihkan semua lubang pada smartphone seperti lubang charger, speaker hingga earphone jack bagi smartphone yang masih mendukung penggunaan earphone kabel. Hal ini dijamin muthakir karena setiap komponen mempengaruhi smartphone.

  • Menata penyimpanan dokumen

Dengan rajin membersihkan cache atau penyimpanan data sementara juga perlu dilakukan. Tidak hanya itu, dokumen berupa foto, video, dokumen screenshot hingga dokumen yang berupa file juga perlu dilakukan pengaturan ulang. Jangan biarkan file menumpuk karena sewaktu ketika bakal menyebabkan smartphone ngefreeze (tidak bisa digerakan).

  • Gunakan casing dan pelindung layar

Smartphone juga perlu pelindung layar seperti tempered glass maupun jenis lainnya yang mendukung perlindungan layar. Hal ini dapat membantu mengurangi goresan saat smartphone terjatuh atau terkena guncangan yang keras saat beraktivitas.

  • Hindari air dan debu

Cara ini bisa untuk merawat smartphone yakni untuk selalu menghindari paparan cairan dan debu. Cairan dan debu dapat membuat perangkat handphone menjadi rusak karena partikel kecil merusak komponen smartphone secara perlahan.