Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kamu Harus Tahu, Ternyata 4 Makanan Ini Penyebab Jerawat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi dan dapat muncul pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, dada, atau pun punggung. Terdapat berbagai jenis jerawat, ada yang bersifat ringan hingga parah, bahkan ada yang menyerupai benjolan berisi kista dan nanah.

Umumnya jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, namun ada juga sebagian makanan yang dapat memicu jerawat. Adapun jenis-jenis makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan gula darah, kemudian memicu peningkatan hormon insulin. Alhasil, ketika kadar insulin dalam tubuh meningkat, hal ini akan menyebabkan produksi minyak di kulit ikut meningkat sehingga rentan sebabkan jerawat.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa menjadi penyebab jerawat, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (31/7).

Makanan dan Minuman Manis

Perlu diketahui, jenis makanan dan minuman yang tinggi gula seperti kue manis, soda, dan jus buah kemasan yang diberi tambahan gula dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini karena, kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin, dan sebabkan jerawat.

Keripik Kentang

Tidak hanya makanan dan minuman yang manis, makanan gurih seperti keripik kentang juga diketahui dapat menyebabkan jerawat. Pasalnya, jenis makanan seperti keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Tak hanya keripik kentang, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat tinggi yang sebaiknya anda hindari.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak biasanya mengandung lemak dan garam yang tinggi seperti makanan cepat saji, dan gorengan. Kandungan lemak tersebut dapat berpengaruh pada munculnya jerawat.

Makanan Olahan Susu

Jarang disadari, susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya seperti es krim meski kaya dengan kandungan kalsium ternyata dapat menyebabkan jerawat, bila dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, asam amino yang terkandung dalam produk susu juga diyakini dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif, serta memicu timbulnya jerawat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru