Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD : Pemilu 2024 Sudah Siap 100%

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD memastikan bahwa seluruh kementerian dan lembaga yang ada di bawah koordinasinya, sudah siap untuk melaksanakan Pemilu 2024.

“Yang langsung di bawa saya, semuanya sudah siap 100%,” kata Mahfud MD dalam podcast bareng Mamat Alkatiri seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (3/6).

Kementerian dan lembaga tersebut sudah mempersiapkan diri dengan berbagai antisipasi buruk seandainya terjadi. Baik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), para penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), maupun unsur keamanan lainnya.

“Kemendagri politiknya sudah, berkoordinasi dengan Bawaslu, KPU, kemudian hukumnya kita sudah siapkan, perangkat-perangkat untuk keamanan, kemudian untuk gakkumdu, penegakan hukum terpadu, kalau ada pelanggaran pidana kalau ada pelanggaran hukum tata negara sudah dengan MK, pokoknya kita semuanya sudah siap,” ujarnya.

Tidak hanya itu, bahkan terkait dengan anggaran pelaksanaan Pemilu 2024 juga sudah disiapkan semuanya.

“Uang sudah kita siapkan, Kementerian Keuangan sudah saya koordinasi bersama Presiden dan Kemendagri, uang harus cukup, tidak boleh berlebihan,” terangnya.

Uang yang digelontorkan negara memang tidak sebesar apa yang diminta oleh KPU, akan tetapi sekurang-kurangnya, anggaran untuk pokok penyelenggaraan sudah memenuhi.

“Mintanya kan banyak, tapi kita hitung sendiri oh ini jalan sekian ini dulu, dipangkas (dari anggaran permintaan), karena kalau pembangunan infrastruktur misalnya diajukan mumpung ini Pemilu kita tolak, ada beberapa kantor KPU di daerah kan tidak punya gedung, tidak punya mobil mau beli sekarang, nggak usah, nyewa dulu lebih murah, gitu. Sehingga uang itu bisa diirit lah, ya dari 100 sekian menjadi sekian,” papar Mahfud.

Bahkan ia sampai berani menggaransi bahwa tidak boleh ada pihak penyelenggara pemilu yang merasa penyelenggaraan kegiatan mereka tidak ada anggarannya. Jika memang demikian, dia siap memfasilitasi kepada Kementerian Keuangan atau lembaga keuangan lainnya agar persoalan anggaran tersebut bisa segera diatasi dengan cepat dan tepat.

“Saya harap tidak boleh ada yang beralasan bahwa ini uangnya enggak ada, laporan ke saya kalau uang macet, nanti saya yang akan mengkoordinasikan dengan Menteri Keuangan maupun dengan lembaga keuangan yang harus mengeluarkan itu,” tegasnya.

Baca selanjutnya di halaman kedua

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru