Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Anies Harap Cawe-cawe Jokowi Tidak Terjadi di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Keadilan, Anie Baswedan berharap agar apa yang sempat dilontarkan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan pimpinan media nasional, bahwa ia akan cawe-cawe dalam kontestasi Pemilu 2024 tidak terjadi.

Hal ini disampaikan Anies pasca mendengar adanya statemen semacam itu dari Istana Negara Jakarta dan mendengar keluhan dari para relawan dan akar rumput yang mendukungnya untuk menjadi Presiden.

“Kami banyak sekali menerima ungkapan aspirasi dan kekhawatiran,” kata Anies dalam konferensi pers bersama Tim 8 di Jakarta, Selasa (30/5) seperti dikutip Holopis.com.

Diungkapkan Anies, beberapa keluhan dan kekhawatiran yang ia terima adalah antara lain ; ada yang mengungkapkan kekhawatiran penjegalan, ada yang mengungkapkan kekhawatiran kriminalisasi, ada yang mengungkapkan kekhawatiran tentang tidak netralnya penyelenggaraan pemilu, ada kekhawatiran tentang caleg-caleg yang mungkin dapat perlakuan tidak fair, partai-partai yang dapat perlakuan tidak fair, calon-calon presiden yang dapat perlakuan tidak fair. Kemudian juga potensi terjadinya kecurangan (Pemilu).

Kekhawatiran demi kekhawatiran yang ia tangkap dari masyarakat tersebut menurut Anies cukup wajar, sebab itu menjadi efek samping dari statemen Presiden Jokowi kepada pimpinan media nasional itu, bahwa Kepala Negara itu memastikan tidak akan netral dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Yang semua itu dikhawatirkan muncul akibat adanya pernyataan bahwa tidak netral dan cawe-cawe,” ujarnya.

Pun demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih menaruh harapan besar apa yang dikhawatirkan sebagian masyarakat khususnya mereka yang mendukungnya tidak benar-benar terjadi.

“Nah, kami berharap kekhawatiran-khawatiran yang tadi diungkapkan itu tidak benar, itu adalah khawatiran saja dan dalam kenyataannya kita berharap Pemilu tetap seperti semula, Pilpres tetap seperti semula,” tandasnya.

Anies ingin agar penyelenggaraan pemilu 2024 bisa berjalan sesuai dengan rencana awal dan aturan yang sama. Dimana setiap partai politik yang memenuhi ambang batas pencapresan bisa mendorong nama Calon Presiden maupun Calon Wakil Presiden. Tidak ada penggembosan apalagi penjegalan.

“Setiap partai punya hak yang sama untuk mencalonkan, setiap caleg punya hak yang sama untuk berkampanye dan mendapatkan perlakuan yang sama, begitu juga dengan setiap capres memiliki hak yang sama, penyelenggara juga melakukan ini dengan fair dengan baik dan netral,” sambungnya.

Baca selanjutnya di halanan kedua

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru