HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pola tidur yang berantakan dan tidak teratur, dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk dan lemas. Selama bulan puasa, cobalah untuk menyelesaikan semua aktivitas sebelum jam 10 malam, penting bagi anda untuk memperhatikan pola tidur saat menjalankan puasa.

Pasalnya, saat berpuasa ada banyak perubahan yang dialami tak hanya perubahan tidur, namun juga perubahan pola makan, dan metabolisme. Simak penjelasan berikut, mengenai tips mengatur pola tidur saat puasa, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Selasa (28/3).

1. Tidur Lebih Awal
Tubuh membutuhkan durasi tidur yang cukup, agar mendapat waktu tidur yang cukup selama bulan puasa anda dapat memajukan waktu tidur pada malam hari. Jika biasanya anda tidur pada pukul 11 atau 12 malam, cobalah untuk menyelesaikan semua aktivitas sebelum jam 10 malam dan beristirahat sesudahnya. Anda dapat memanfaatkan waktu setelah berbuka puasa dan melaksanakan ibadah Tarawih, untuk bersiap-siap sebelum tidur. Agar lebih mudah tidur, jauhkanlah semua perangkat elektronik dan hal-hal yang dapat membuat anda terjaga atau sulit tidur. Tidur lebih awal, dibutuhkan agar durasi istirahat yang dimiliki tubuh tidak berkurang atau terlalu banyak.

2. Curi Waktu untuk Tidur Siang
Dengan memanfaatkan waktu kosong di siang hari saat bulan puasa, anda dapat tidur siang selama beberapa menit. Tidur siang selama 20 hingga 30, sudah cukup untuk memulihkan energi serta membuat anda lebih produktif. Tak hanya itu, tidur siang juga dapat membantu mengendalikan hormon stres yang sering muncul saat kurang tidur di malam hari, adapun mengambil waktu sejenak di siang hari untuk tidur dapat membantu memenuhi kebutuhan tidur yang tidak bisa didapatkan saat malam hari.

3. Tidur Setelah Sahur
Langsung tidur setelah makan kenyang, memang dapat berdampak negatif bagi tubuh. Namun bukan berarti tidak boleh sama sekali, untuk menyiasatinya pastikan untuk selalu bangun tepat waktu. Kemudian, beri waktu jeda untuk tubuh mencerna makanan sebelum kembali tidur, sebaiknya tunggu satu hingga dua jam untuk tidur sebelum beraktivitas.

4. Membuat Suasana Nyaman
Memiliki tidur yang berkualitas adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar di bulan puasa, meski tidak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Agar anda mendapat tidur yang berkualitas, pastikan untuk selalu membangun suasana yang nyaman pada kamar tidur. Menjauhkan semua perangkat elektronik, tidur dalam keadaan bersih, serta memakai pakaian tidur agar nyaman dan mendapat tidur yang berkualitas.

Itulah tips yang dapat kami jabarkan, agar anda tetap dapat menjaga pola tidur yang baik saat menjalankan puasa. Lakukanlah seperti yang telah kami sampaikan, agar memiliki kualitas tidur yang baik.