HOLOPIS.COM, JAKARTA – Manfaat baik puasa bagi kesehatan tubuh, dapat dirasakan bila puasa dilakukan dengan benar. Tanpa disadari, beberapa kebiasaan tidak sehat yang dilakukan seseorang dapat menghilangkan manfaat berpuasa.

Ketahui kebiasaan tak sehat selama berpuasa, agar terhindar dari masalah kesehatan. Simak penjelasan berikut, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Selasa (28/3).

1. Melewatkan Sahur
Usahakan untuk selalu sahur sebelum mulai berpuasa, agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup hingga waktu berbuka. Pasalnya, saat berpuasa anda tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman apapun dalam periode waktu tertentu. Sehingga, bila melewatkan sahur, anda akan rentan mengalami keluhan seperti dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, cepat lapar, hingga masalah pencernaan.

2. Konsumsi Makanan Berlebih Saat Berbuka Puasa
Ketika berbuka puasa, sebaiknya hindari langsung makan besar dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini, karena selama lebih dari 12 jam perut dalam keadaan kosong, sehingga harus bekerja keras untuk mencerna makanan dalam jumlah banyak saat berbuka yang berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan. Idealnya, waktu makan besar saat puasa adalah selepas melaksanakan shalat tarawih, guna mengembalikan energi dan nutrisi pada tubuh. Anda dapat mengkonsumsi makanan ringan saat berbuka seperti buah kurma, kolak, es buah, atau makanan pembuka lainnya.

3. Langsung Tidur Setelah Sahur
Hindari tidur setelah sahur, hal ini dapat berakibat seluruh oksigen akan berpindah ke lambung dan mengganggu kinerja lambung dalam mencerna makanan. Tak hanya itu, jumlah oksigen dalam otak juga dapat berkurang dan makanan yang belum tercerna secara optimal, akan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Sehingga, anda rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit seperti maag, stroke, hingga refluks asam lambung (GERD).

4. Konsumsi Minuman Berkafein
Hindari minuman berkafein sebisa mungkin seperti teh dan kopi, saat berpuasa. Konsumsi minuman berkafein, dapat menimbulkan efek diuretin yaitu efek pemicu cepat haus dan ingin terus buang air kecil. Sehingga, berdampak buruk ketika berpuasa yang mewajibkan anda harus menjaga cairan tubuh dalam waktu lama. Tak hanya itu, kafein juga dapat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, oleh karena itu penderita maag sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein saat sahur maupun berbuka.

5. Mengkonsumsi Makanan Kurang Sehat
Hindari konsumsi beberapa makanan yang tidak sebaiknya anda konsumsi selama berpuasa. Seperti makanan dengan kandungan tinggi lemak, makanan berminyak seperti gorengan, makanan terlalu manis, dan makanan dengan kadar sodium tinggi. Konsumsi makanan yang telah disebutkan sebelumnya secara terus-menerus, dapat membuat gangguan pencernaan atau bahkan dampak buruk lainnya bagi kesehatan. Selain itu, makanan yang terlalu manis atau asin dapat meningkatkan asam lambung, adapun makanan berlemak bisa memicu penumpukan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika anda masih melakukan lima kebiasaan buruk saat berpuasa, yang telah kami jabarkan sebelumnya segera hindari agar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.