Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Manfaat Blueberry, Salah Satunya Bisa Cegah Penuaan Dini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Blueberi atau blueberry, umumnya sering dikonsumsi secara fresh buah utuh, atau dalam bentuk olahan seperti juice, buah beku dan kering atau dibuat selai.

Buah satu ini, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, lantaran buah blueberry terkenal akan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah blueberry atau blueberry berasal dari Amerika Utara, yang saat ini mudah ditemukan di Indonesia.

Bentuk buah ini, kecil bulat berwarna biru tua hingga agak keunguan. Buah blueberry rasanya asam dan agak manis, menyerupai rasa apel atau pir dan anggur hijau.

Dikutip Holopis.com dari situs HelloSehat, Jumat (4/11), buah blueberry atau blueberry kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan keremajaan tubuh.

Dalam setiap 100 gram buah blueberry, Sobat Holopis akan mendapatkan vitamin C sebanyak 16 persen dari kebutuhan harian, vitamin B-6 sebanyak 5 persen, vitamin A sebanyak 1 persen, zat besi sebanyak 1 persen, magnesium sebanyak 1 persen, kalium sebanyak 2 persen, dan serat yang cukup tinggi yaitu 9 persen.

Buah ini juga termasuk rendah kalori cocok untuk tambahan menu diet. Dalam takaran yang sama, Sobat holopis hanya akan mengonsumsi 57 kalori.

Berikut manfaat buah Blueberry untuk kesehatan tubuh

Mampu Merawat Kesehatan Mata

Kandungan dalam buah blueberry yang kaya akan vitamin (C,E,A) flavonoid, dan karotenoid berfungsi memelihara kesehatan mata dan menjadi salah satu manfaat buah blueberi bagi kesehatan tubuh.

Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat buah blueberry lainnya yaitu mampu meningkatkan imun tubuh, hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin pada buah blueberry seperti A, B, C dan E serta antosianin turut membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mampu Memelihara Kesehatan Jantung

Buah blueberi bermanfaat juga untuk memelihara kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko sakit jantung. Dikarenakan buah blueberry atau blueberry banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu mencegah penumpukan lemak dan kerusakan di pembuluh darah jantung.

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sejumlah penelitian ilmiah, telah menemukan bahwa buah semua jenis buah beri termasuk blueberry atau blueberry bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah karena tingginya kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Mampu Mencegah Penuaan Dini

Buah blueberry mampu cegah penuaan dini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Efek ini menjadikan blueberry baik untuk mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

Itulah 5 manfaat buah blueberry untuk kesehatan tubuh, dengan mengkonsumsi buah tersebut secara rutin mampu cegah berbagai penyakit dalam tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru