HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban menyampaikan sejumlah hal yang perlu dibahas pemerintah sebagai langkah persiapan menuju Endemi Covid-19.

Yang pertama yakni terkait pelonggaran semua aturan, baik itu aturan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maupun aturan lainnya.

Sebagai gantinya, Dokter kelahiran Yogyakarta itu meminta pemerintah fokus pada perlindungan terhadap kelompok rentan tertular Covid-19, yakni lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid.

“Indonesia perlu membahas : Pelonggaran semua aturan, tapi melindungi lansia dan komorbid,” kata Zubairi dalam cuitannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (7/10).

Kemudian yang kedua, Ia meminta pemerintah untuk mulai membahas perihal penghapusan tes antigen dan bukti vaksinasi Covid-19 sebagai syarat bepergian.

Hal ini sejalan dengan permintaan dirinya terkait pelonggaran semua aturan.

Namun, hal itu tentu harus dibarengi dengan peningkatan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga alias booster. Vaksinasi booster ini menjadi modal bagi Indonesia untuk menuju Endemi Covid-19.

Hal selanjutnya yang menurut Zubairi Djoerban perlu dibahas pemerintah yakni soal pemakaian masker.

Terkait hal itu, dia meminta pemerintah tak mewajibkan masyarakat untuk memakai masker. Menurutnya, alangkah baiknya jika pemakaian masker hanya bersifat saran.

“Masker bersifat saran, tak wajib,” tuturnya.

Terakhir, Zubairi Djoerban meminta pemerintah untuk membahas perihal penyediaan obat antivirus. Ia menekankan, bahwa pemerintah harus tetap menyiapkan obat antivirus untuk berobat inap maupun berobat jalan.

“Obat antivirus untuk berobat jalan dan inap tetap disiapkan, termasuk RS (rumah sakit) rujukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pemerintah akan menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 berakhir dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan Jokowi lantaran kasus Covid-19 saat ini yang sudah mulai mereda.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.