HOLOPIS.COM, BANGKA – Cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebabkan belasan rumah warga Desa Guntung, Kecamatan Koba mengalami kerusakan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, 19 rumah warga rusak ringan akibat curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang pada Kamis (7/7) lalu.

“Dari kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa dan hanya menyebabkan kerusakan bangunan rumah warga saja,” kata Abdul, Minggu (10/7).

Abdul kemudian menjelaskan, BPBD Kabupaten Bangka Tengah membantu warga yang terdampak untuk pembersihan puing-puing bangunan rumah rusak, serta memberikan bantuan sementara berupa terpal kepada warga terdampak.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 9 sampai 11 Juli 2022, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didominasi cuaca cerah berawan dan hujan ringan.

“Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk tetap waspada dengan memantau prakiraan cuaca secara berkala melalui laman BMKG dan potensi bahaya bencana di wilayah tempat tinggal melalui inaRISK,” imbaunya.