HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perdana Menteri Inggris Keir Starmer turut berduka cita atas kematian artis legendaris, Maggie Smith. Keir mengatakan sepanjang karir Maggie, bintang Harry Potter tersebut sudah menyuguhkan banyak kisah kepada para penggemarnya lewat film-film.

“Dame Maggie Smith mengenalkan kita dunia baru dengan banyak cerita yang ia bintangi sepanjang karirnya,” tulis Keir di akun Twitternya @Keir_Starmer, dikutip Holopis.com, Sabtu (28/9).

Keir Starmer juga mengatakan bahwa sosok Maggie adalah seseorang yang sangat dicintai oleh banyak penggemar, dan merupakan harta karun negara Inggris.

“Maggie dicintai banyak orang karena talentanya, dan sudah menjadi harta karun nasional, di mana karya-karyanya akan dicintai banyak generasi yang akan datang,” kata Keith.

Seperti diberitakan Holopis.com sebelumnya, aktris asal Inggris Maggie Smith meninggal dunia di usianya yang ke 89 tahun. Bintang Harry Potter tersebut meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pada Jum’at (27/9) pagi waktu setempat.

“Beliau meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jum’at 27 September,” tulis anak-anaknya, Toby Stephens dan Chris Larkin.

Maggie meninggal dunia sembari ditemani oleh orang-orang terdekat. Meskipun Maggie adalah orang yang sangat menjaga privasi semasa hidupnya, ia justru ditemani banyak orang di penghujung usia.

“Beliau meninggalkan dua orang anak laki-laki, dan 5 cucu yang sangat terpukul dengan kepergian ibu dan nenek yang luar biasa,” lanjut anak-anak Maggie.

Tak ketinggalan, mereka juga berterima kasih kepada rumah sakit yang sudah merawat Maggie Smith dengan sangat baik.

“Terima kasih kepada staff di RS Chelsea dan Westminster untuk perawatan dan kebaikan di hari-hari terakhir beliau,” tulis mereka.

Sebagai informasi, Maggie Smith yang memiliki gelar Dame Maggie Smith ini paling dikenal lewat perannya sebagai Professor McGonagall di film Harry Potter, dan Violet Crawley di serial Downtown Abbey.

Salah satu peran terakhirnya adalah di film The Miracle Club tahun 2023. Film itu menceritakan beberapa wanita yang pergi ke kota Lourdes di prancis untuk berziarah.

Ia membintangi film itu bersama aktris-aktris besar lainnya seperti Kathy Bates dan Laura Linney.