HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU DKI Jakarta mengatakan, pengumuman penetapan paslon cagub-cawagub Pilkada Jakarta 2024 dilakukan hari ini, Minggu (22/9). Sedangkan, pengundian nomor urut paslon cagub-cawagub Pilgub Jakarta 2024 dilakukan pada Senin (23/9) besok malam. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan, penetapan paslon ditentukan dalam rapat pleno. Rapat pleno akan digelar tertutup pada pukul 09.00 WIB. 

“Penetapan paslon cagub-cawagub Jakarta pukul 11.00 WIB. Penyampaian penetapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan penyerahan satgas pengawalan pasangan calon,” kata Dody dalam keterangan persnya, Minggu (22/9) seperti dikutip Holopis.com

Kemudian, Dody menuturkan, pengundian dan penetapan nomor urut cagub/cawagub digelar pada besok Senin. Lebih tepatnya, pada pukul 19.00 WIB mendatang. 

Sebelumnya, KPU RI mengatakan, pihaknya akan menetapkan pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal itu disampaikan Ketua KPU RI, Mochamad Afiffuddin.  

Ia mengatakan, penetapan itu akan dilakukan pada Minggu (22/9) di masing-masing KPU daerah yang menggelar Pilkada serentak 2024. Mereka yang akan ditetapkan sebagai paslon calon kepala daerah (cakada) adalah yang telah dinyatakan lolos syarat administrasi saat pendaftaran.  

“Hari ini kami sudah memonitoring jajaran kami. Mereka menyiapkan tahapan penetapan pasangan calon kepala daerah tanggal 22 September, hari Minggu,” kata Afif saat ditemui awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (20/9).  

Sebagaimana diketahui, terdapat tiga pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Ketiga paslon itu, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Mereka telah mendaftar diri sebagai peserta Pemilu ke KPU Jakarta pada akhir Agustus 2024 lalu. Seusai penetapan nomor urut, pelaksanaan kampanye resmi bakal dimulai pada 25 September 2024- 23 November 2024.