PT MRT Jakarta Akui Siap Garap Proyek Hingga Ke Tangsel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT MRT Jakarta memberikan lampu hijaunya terkait proyek rute kereta MRT yang akan berlanjut hingga Tanggerang Selatan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat saat mengisi forum Jurnalistik, di Wisma Nusantara, Kamis (11/7). 

“MRT kan BUMD milik DKI Jakarta sehingga saat ini fokus membangunnya di wilayah DKI Jakarta. Ke arah Tangsel, Cikarang, Banten itu interkoneksi yang harus dilakukan. Karena itu pemerintah provinsi atau Pemkot yang bersangkutan plus pemerintah pusat, jadi plannya itu semua di Kemenhub. MRT siap aja anytime,” kata Tuhiyat. 

Menurutnya, yang terpenring dalam  keberlangsungan proyek ini ialah pendanaan. Sebab tidak semua wilayah memiliki kekuatan finansial seperti DKI Jakarta. Namun  untuk memperluas proyek MRT tetap harus ada kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah.

“Dulu sempat ada pembicaraan dengan ibu Wali Kota saat itu ibu Airin Rachmi Diany, dengan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) juga, saat ini bukan berhenti tapi penjajakan financing semua kuncinya di financing. BPTJ sekarang lagi lakukan kajian itu,” kata Tuhiyat.

Saat ini, Pemerintah daerah bisa mencari dana dengan menarik investor melalui pendanaan swasta.

“saat ini pemerintah menjajaki alternatif-alternatif pendanaan yang lebih kreatif, jadi bisa mengundang beberapa pihak, atau beberapa investor, jadi banyak penjajakan dalam bentuk creative financing, sehingga daerah yang fiskalnya belum setinggi DKI bisa dicarikan opsinya,” tutupnya. 

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jabatan Heru Segera Berakhir, Siapa Penggantinya?

Masa jabatan Pejabat Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono akan segera berakhir pada 17 Oktober 2024 mendatang. Hingga saat ini pembahasan siapa yang menjadi pengganti Heru masih terus bergulir di DPRD Jakarta. 

Cuaca Jakarta Hari Ini Diramal Cerah Berawan di Akhir Pekan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jakarta di akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Pemprov DKJ Resmikan Masjid Ar-Raudhah, Simbol Kolaborasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru