BerandaNewsRagamMie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat. Namun, sering kali ada perdebatan tentang apakah mengonsumsi mie instan secara rutin dapat menyebabkan peningkatan berat badan atau tidak.

Sebenarnya mie instan bikin gendut nggak sih?

Komposisi dan Kandungan Gizi Mie Instan

Mie instan umumnya terbuat dari mie yang dikeringkan dan dikemas bersama dengan bumbu-bumbu instan. Berikut adalah beberapa komponen utama yang sering ditemukan dalam mie instan.

  • Karbohidrat: Mie instan mengandung karbohidrat dalam jumlah yang signifikan. Karbohidrat ini berasal dari tepung terigu yang digunakan untuk membuat mie.
  • Lemak: Beberapa mie instan juga mengandung lemak, terutama dari minyak yang digunakan untuk penggorengan atau dalam bumbu-bumbu instan.
  • Sodium: Mie instan sering kali memiliki kandungan sodium (garam) yang tinggi dalam bumbu-bumbunya.
  • Kalori: Secara umum, mie instan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, tergantung pada jenis dan mereknya.

Apakah Mie Instan Bisa Membuat Gemuk?

Mie instan cenderung mengandung kalori yang tinggi, terutama jika dimakan dalam porsi besar atau sering kali. Konsumsi kalori yang berlebihan dari mie instan dan makanan cepat saji lainnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tak hanya itu, beberapa varian mie instan mengandung tambahan gula dan lemak, terutama dalam bumbu-bumbu instan. Gula tambahan dan lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara teratur.

Mie instan umumnya kurang mengandung nutrisi esensial seperti serat, vitamin, dan mineral. Makanan yang rendah nutrisi ini dapat memicu rasa lapar lebih cepat setelah mengonsumsinya, yang mungkin menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak atau camilan lainnya.

Mie instan, jika dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering, dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan karena kandungan kalori, gula, dan lemak yang tinggi. Namun, sebagai makanan cepat saji, mie instan tetap bisa dinikmati dengan bijak sebagai bagian dari diet seimbang dan aktifitas fisik yang teratur.

Sobat Holopis suka mie instan nggak?

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.

Prabowo Subianto Prihatin dengan Penembakan Donald Trump, Kecam Keras Kekerasan dalam Demokrasi

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto turut mengucapkan rasa prihatinnya atas kabar percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik.

Manfaat Buah Belimbing, Bisa Jadi Rahasia Diet Para Ciwi-ciwi Loh…

Meskipun jarang dinikmati dibandingkan buah lainnya, namun Sobat Holopis jangan sampai menyepelekan manfaat buah belimbing yang luar biasa.

Jaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

- Saat pekerjaan menumpuk tau sedang mengejar banyak bayaran bonus demi mendapatkan barang impian, terlalu sering bekerja lembur tanpa memikirkan Waktu untuk beristirahat akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi Kesehatan.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS