Ma’ruf Amin Berharap Kasus Hasyim Ashari Tidak Terjadi di Lembaga Lain

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menanggapi putusan DKPP perihal pemberhentian Hasyim Ashari dari jabatan Ketua KPU RI.

Ma’ruf Amin pun memperingatkan, kasus yang merusak moral tersebut jangan sampai terjadi kembali di instansi lainnya.

“Jangan main-main, nanti seperti apa yang terjadi di KPU. Buat saya ini menjadi pelajaran yang penting untuk pemegang moralitas kemudian juga integritas,” kata Ma’ruf Amin dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (4/7).

Ma’ruf kemudian juga membenarkan bahwa kasus yang menimpa Hasyim telah mencoreng nama KPU. Namun demikian, ia meminta kesalahan yang dilakukan Hasyim merupakan perseorangan.

“Ya iya tentu saja, tetapi tentu KPU secara lembaga tidak karena itu, hanya perorangan dan bukan dalam arti keseluruhan. Nah, ini pelajaran bagi para pemegang kekuasaan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) memutuskan bahwa Ketua KPU RI Hasyim Ashari bersalah dalam kasus dugaan asusila.

Ketua DKPP RI Heddy Lugito pun memutuskan agar Hasyim Ashari dipecat dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI.

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum RI terhitung putusan ini dibacakan,” ucap Heddy Lugito saat membacakan putusan, Rabu (3/7).

Dalam putusannya, DKPP kemudian mengabulkan pengaduan pengadu seluruhnya, dan meminta Presiden RI Joko Widodo untuk mengganti Hasyim yang hadir secara virtual dalam sidang dalam kurun maksial 7 hari sejak putusan dibacakan.

“Presiden Republik Indonesia untuk melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan dibacakan,” ujarnya.

Terakhir, DKPP RI meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

DPR Belum Terima Surpres Penggantian Ketua KPU, Jokowi : Proses Administrasi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) membantah pihaknya menghambat untuk segera mengeluarkan surat presiden (surpres) pergantian Ketua KPU.

Ingat! Caleg Terpilih Belum Lapor Harta Kekayaan Tak Akan Dilantik

Calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan dilantik, apabila belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peringati HUT ke-14, Kinerja BNPT Perangi Terorisme Tuai Pujian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kinerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menuai pujian dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin yang...

Wapres Puji BNPT, Setahun Bisa Zero Terrorist Attack

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin menilai bahwa HUT 14 BNPT harus menjadi momentum untuk merefleksikan diri agar semakin meneguhkan tekat melakukan penanggulangan terorisme, khususnya di Indonesia.

Wapres Minta Target Zakat Untuk Dorong Mustahik Bertransformasi Jadi Muzakki

Wakil Presiden KH Maruf Amin meminta agar penyaluran zakat kepada para mustahik (penerima zakat) harus dilakukan dengan berbasis data yang akurat, sehingga penyaluran zakat tersebut bisa berlangsung komprehentif.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Daftar Tim Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2024

Sebanyak empat tim sudah dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024, meski pun belum seluruh laga selesai bergulir. Ada pun hasil di laga pamungkas Grup A jadi salah satu faktor penentunya.