BerandaNewsRagamMuhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wusida mahasiswa untuk mencari keuntungan.

Dalam hal ini, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu menyarankan pihak PTS untuk menerapkan tarif yang tinggi untuk acara seremonial wisuda.

Dia menilai, orang tua mahasiswa tidak akan keberatan dan rela untuk mengeluarkan banyak orang untuk momen wisuda yang sejatinya merupakan momen yang dinanti-nanti oleh mahasiswa maupun orang tuanya.

“Wisuda itu tarik yang tinggi karena enggak ada orang akan protes walaupun mahal. Karena waktu saat gembira anaknya mau wisuda bayar berapa pun dikasih,” kata Muhadjir dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (2/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Muhadjir juga menyarankan PTS untuk menerapkan sistem pembelian undangan bagi pendamping wisuda. Menurutnya hal itu cukup efektif untuk menarik banyak pemasukan bagi PTS.

“Biar satu truk keluarganya akan datang enggak apa-apa, tapi harus beli undangan,” ujarnya.

Namun di sisi lain, Muhadjir menyarankan pimpinan PTS agar tidak menaikkan biaya-biaya pendidikan ketika situasi ekonomi tak kondusif.

Muhadjir lantas menyinggung kebijakan kenaikan UKT di sejumlah PTN beberapa waktu lalu yang menuai banyak protes dari berbagai pihak.

“Ketika orang sedang gajinya sudah telat, anunya naik, pastilah protes itu. Jadi menurut saya juga momentum kurang pas, makanya saya sempat kritik itu,” tandasnya.

Sebagai informasi, saran tersebut disampaikan Muhadjir saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI dengan Tokoh Masyarakat yang pernah mendapatkan tugas sebagai Menteri Pendidikan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (2/7).

Selain Muhadjir, hadir pula eks Mendikbud Muhammad Nuh dan Muhammad Nasir. Namun Anies Baswedan diketahui tak hadir dalam RDPU tersebut lantaran sedang di luar negeri.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Peringati Tahun Baru Islam, Wamenag Ajak Umat Berhijrah

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki berpesan kepada seluruh umat Islam untuk selalu optimis dalam berhijrah ke arah yang lebih baik.

Gandeng MA, Kemenag Bentuk Tim Mitigasi Sengketa Wakaf

Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (Badilag MA) untuk membentuk Tim Task Force dalam upaya mitigasi sengketa wakaf.

Lokasi SIM Keliling Hari Kamis 18 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Kamis 18 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Cuaca Jakarta Kamis 18 Juli 2024 Bakal Cerah Berawan Sepanjang Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS