BerandaOtoteknoTeknoSyam Basrijal Ingatkan Keamanan Siber Penting di Era Modern

Syam Basrijal Ingatkan Keamanan Siber Penting di Era Modern

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi seperti era saat ini memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat. Tentu keamanan data menjadi aspek yang sangat krusial.

“Di era digital yang serba instan, cepat dan solutif ini membutuhkan dukungan teknologi sangat tinggi, tidak hanya untuk memproduksi suatu produk atau jasa namun menjaga hasil produksi juga sangat dibutuhkan,” kata Syam dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Senin (1/7).

Apalagi data menjadi sesuatu yang sangat berharga dan tidak ternilai, maka keamanan terhadap data harus benar-benar diperhatikan. Bagaimana pengamanan firewall, struktur keamanan data dan juga protokol dalam security system yang disediakan menjadi poin penting untuk diperhatikan oleh semua pihak yang menjadi penyimpan dan pengelola data tersebut.

“Karena hasil dukungan yang sudah sangat tinggi sehingga menghasilkan produksi berkualitas tinggi akan menjadi percuma jika tidak didukung dengan keamanan yang berbasis teknologi tinggi,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Diterangkan Syam, bahwa ancaman teknologi informasi digital akan selalu dibayang-bayangi oleh tindakan kejahatan siber (Cyber Crime). Apalagi kasus terakhir adalah serangan Ransomware dari Brain Cipher yang merupakan pengembangan teknologi peretasan dari LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional yang dikelola oleh pemerintah Indonesia.

Di mana dalam kasus serangan siber ini, kabarnya 98% data di Pusat Data Nasional Sementara di Server Surabaya tidak bisa diselamatkan karena terenkripsi oleh Ransomware tersebut. Yang paling fatal, ternyata pengelola Pusat Dana Nasional tersebut tidak memiliki backup data sama sekali.

“Karena bisnis modern akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan ancaman yang sebelumnya tidak pernah ada. Salah satu tantangan terbesar adalah keamanan siber,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berharap semua lembaga baik lembaga plat merah maupun swasta harus lebih peduli terhadap keamanan data tersebut. Apalagi jika sudah berurusan dengan jalur internet, maka semua potensi ancaman kebocoran data dan serangan cyber security harus benar-benar diantisipasi sedini mungkin.

“Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan internet, risiko yang dihadapi bisnis terkait pelanggaran data dan serangan siber semakin meningkat. Oleh karena itu, memiliki sistem keamanan siber yang komprehensif menjadi sangat penting,” tukasnya.

Ditekankan lagi oleh Syam, bahwa sistem keamanan siber yang komprehensif sangat penting dilakukan oleh pelaku bisnis modern. Sebab, hal itu menjadi barometer apakah layanan digital tersebut bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Penting Kepastian Keamanan Data

1. Menjaga keuangan organisasi tetap aman

Setiap bisnis, baik besar maupun kecil, mengelola sejumlah besar data sensitif. Data ini bisa berupa informasi pelanggan, detail keuangan, atau rahasia dagang perusahaan. Pelanggaran data dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan dan merusak reputasi bisnis.

“Sistem keamanan siber yang komprehensif akan membantu melindungi data ini dari akses yang tidak sah dan kebocoran,” ujarnya.

2. Menjaga kinerja produksi

Serangan siber semakin canggih dan beragam. Dari serangan phishing hingga ransomware. Syam mengatakan bahwa ancaman ini dapat melumpuhkan operasi bisnis dan serangan siber dapat menyebabkan downtime yang signifikan, mengganggu operasi bisnis dan mengurangi produktivitas. 

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ini Daftar HP yang Gak Kebagian Jatah HyperOS Versi Terbaru

Xiaomi akan menghadirkan versi terbaru dari operasi sistem (OS) baru mereka yang merupakan pengganti MIUI, yakni HyperOS 2.0 ke beberapa perangkatnya.

Syam Basrijal Sarankan Kombinasi NGFW, SIEM, dan DLP Demi Keamanan Data

Praktisi keamanan data dari PT Tri Kreasi Mandiri Teknologi, Syam Basrijal mengatakan bahwa ancaman keamanan siber di era digitalisasi akan terus berkembang canggih dan semakin kompleks.

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang dikelola oleh Kominfo ini. Diduga awal mula celah ini muncul adalah karena kelalaian, atau mungkin keterlibatan orang yang dekat dengan akses ke server Pusat Data Nasional.

APJII Sambut Positif Starlink Jadi Bagian Penyedua ISP di Indonesia

Sekjen APJII Zulfadly Syam, menilai bahwa hadirnya Starlink dari SpaceX dipandang sebagai bagian dari peramai bisnis layanan jaringan internet di Indonesia.

Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS