BerandaNewsRagamHaidar Alwi Kasih Opsi ke Menkominfo dan Kepala BSSN : Mundur Atau...

Haidar Alwi Kasih Opsi ke Menkominfo dan Kepala BSSN : Mundur Atau Dimundurkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pendiri Haidar Alwi Institute, R Haidar Alwi ikut angkat bicara terkait insiden serangan ransomware Brain Chipper LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional (PDN) Sementara yang terjadi baru-baru ini. 

Atas hal itu, ia mengatakan bahwa pihak-pihak yang paling bertanggungjawab atas serangan siber yang membuat terganggunya sejumlah layanan publik terganggu itu harus mundur atau dimundurkan dari jabatannya. 

Adapun menurutnya, pihak yang paling bertanggungjawab terhadap jebolnya pusat data nasional itu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Menteri Kominfo dan Kepala BSSN harus legowo mundur dari jabatannya atau dimundurkan oleh Presiden,” kata Haidar Alwi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurut Haidar, mundur atau dimundurkan oleh Presiden merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas kegagalan menjalankan amanat yang diemban oleh mereka, dengan tetap melakukan evaluasi dan perbaikan untuk ke depannya.

Dia menuturkan, ketegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menindaklanjuti permasalahan ini sangat dibutuhkan, guna menjaga kepercayaan publik agar tidak anjlok lebih dalam lagi. 

“Desakan publik semakin kuat dan mereka menantikan ketegasan itu,” ungkapnya.

Haidar lantas menegaskan, serangan yang terjadi di PDN sangatlah penting untuk diperhatikan dengan betul. Sebab hal ini tidak hanya menyebabkan kerugian negara dan mengganggu pelayanan publik, tapi juga telah mengancam pertahanan dan keamanan negara.

“Ada atau tidaknya data yang bocor, peretasan terhadap PDN telah mengancam pertahanan dan keamanan negara. Segala sesuatu yang menyangkut pertahanan dan keamanan negara tidak bisa ditolerir,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Tukang Vila Puncak Susah Tidur, Pj Bupati Bogor Bakal Bongkar Vila tak Berizin

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti dalam melakukan penertiban di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Operasi Berjalan Sukses, Prabowo Ucap Terima Kasih ke Masyarakat dan Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto mengungkapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), serta seluruh...

Paspor Indonesia Bakal Punya Desain Baru, Cek Bocorannya

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Silmy Karim mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan desain baru untuk buku paspor Indonesia, termasuk juga pembaruan warna sampulnya.

Korban Banjir di Bolaang Mongondow Capai 7 Ribu Jiwa

Bencana banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara semakin meluas ke sejumlah wilayah.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS