Presiden Jokowi Ogah Lakukan Pemekaran Wilayah Lagi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengakui bahwa sampai dengan saat ini ada ratusan wilayah yang meminta dijadikan daerah otonom (DOB) baru.

Jumlah wilayah tersebut menurut Jokowi, berasal dari seluruh tatanan baik tingkatan Kabupaten maupun Provinsi.

“Yang mengajukan sudah lebih dari 300 lebih kabupaten/kota maupun provinsi,” kata Jokowi dalam pernyataannya dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Meski jumlahnya sudah mencapai ratusan, Jokowi pun menegaskan bahwa dirinya sampai dengan saat ini belum berminat untuk melanjutkan pemekaran wilayah tersebut.

“DOB, tidak ada DOB, tidak ada DOB, sementara di seluruh tanah air ya,” tegasnya.

Diketahui, saat ini provinsi di Indonesia berjumlah 38, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Adapun beberapa provinsi yang baru di Indonesia adalah hasil pemekaran dari Provinsi Papua.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya, pemerintah meresmikan tiga provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Jokowi Kampanyekan Cegah Polio di Hari Anak Nasional

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertandang ke Jayapura, Papua untuk berjumpa dengan sejumlah anak-anak yang mendapatkan manfaat vaksinasi polio. Hal ini dilakukan...

DPR Belum Terima Surpres Penggantian Ketua KPU, Jokowi : Proses Administrasi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) membantah pihaknya menghambat untuk segera mengeluarkan surat presiden (surpres) pergantian Ketua KPU.

Jokowi Teken Aturan Ormas Keagamaan Kelola Tambang

Presiden Jokowi menerbitkan aturan baru lagi untuk memuluskan kebijakan pengelolaan tambang oleh ormas tersebut, yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 tahun 2024 tentang Pengalokasian Lahan Bagi Penataan Investasi.

Angan-Angan Jokowi Sulap Komoditas Kelapa Jadi Bioenergi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) berharap agar kelak pemerintah bisa melakukan hilirasi terhadap produksi komoditas kelapa.

BEM SI Aksi di Istana, Kritisi 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa di Istana Negara untuk mengritisi 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Arteta Tekankan Arsenal Butuh Upgrade!

Arsenal dalam dua musim terakhir ini menjelma jadi tim yang paling dekat dalam perebutan gelar juara, meski pada akhirnya Manchester City yang berhasil merebut supermasi tertinggi tersebut. Manajer Mikel Arteta pun menekankan bahwa The Gunners memang butuh upgrade untuk bisa bersaing kembali dalam perebutan trofi tersebut.