BerandaNewsRagamKenapa Sih Mensturasi Paling Sakit di Hari Pertama? Ternyata Ini Penjelasannya

Kenapa Sih Mensturasi Paling Sakit di Hari Pertama? Ternyata Ini Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTAMenstruasi adalah bagian alami dari siklus reproduksi wanita yang sering kali disertai dengan berbagai gejala, termasuk rasa sakit atau kram di perut bagian bawah.

Sobat Holopis mungkin merasa lebih sering mengalami menstruasi pada hari pertama lebih menyakitkan dibandingkan dengan hari-hari berikutnya.

Ternyata ada penjelasan medisnya Sobat Holopis. Mulai dari perbuahan hormon, dan kontraksi rahim.

1. Prostaglandin Tinggi

Penerbit Iklan Google Adsense

Prostaglandin adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh rahim sebagai bagian dari proses normal menstruasi. Senyawa ini membantu rahim untuk berkontraksi dan mengeluarkan lapisan dalamnya (endometrium) saat tidak dibuahi. Pada beberapa wanita, produksi prostaglandin lebih tinggi pada hari pertama menstruasi, yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang lebih kuat dan menyebabkan rasa sakit yang lebih intens.

2. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Wanita dengan endometriosis sering mengalami nyeri menstruasi yang lebih parah, terutama pada hari pertama menstruasi ketika endometrium terlepas dan keluar dari tubuh. Ini dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang lebih hebat.

3. Kontraksi Rahim yang Lebih Kuat

Pada hari pertama menstruasi, rahim cenderung berkontraksi lebih kuat untuk mengeluarkan endometrium yang tidak diperlukan. Kontraksi ini bisa menjadi lebih terasa atau lebih menyakitkan bagi beberapa wanita. Kontraksi yang kuat ini juga dapat menyebabkan tekanan pada saraf dan pembuluh darah di sekitar rahim, meningkatkan rasa sakit.

4. Perubahan Hormonal

Selama siklus menstruasi, tingkat hormon seperti estrogen dan progesteron berfluktuasi. Pada awal menstruasi atau hari pertama, penurunan tajam kadar hormon ini dapat menyebabkan pelepasan prostaglandin yang lebih tinggi. Selain itu, hormon-hormon ini mempengaruhi persepsi rasa sakit, membuat sensitivitas terhadap nyeri menstruasi lebih besar pada hari pertama.

Dengan memahami alasan ilmiah di balik mengapa menstruasi pada hari pertama bisa lebih sakit, Sobat Holopis dapat lebih siap menghadapi dan mengurangi dampak negatifnya.

Namun, jika rasa sakitnya sangat parah atau tidak terkendali, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan lebih lanjut.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS