BerandaNewsRagamPT KAI Kecam Keras Aksi Vandalisme ke Gerbong KA Argo Semeru Selasa...

PT KAI Kecam Keras Aksi Vandalisme ke Gerbong KA Argo Semeru Selasa Dini Hari

“KAI Daop 1 Jakarta mengecam semua bentuk perbuatan/tindakan vandalisme terhadap aset-aset KAI. Saat ini, kami sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk segera menangkap para pelaku,” katanya.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengecam keras tindakan vandalisme yang dilakukan oleh sejumlah oknum tidak bertanggung jawab terhadap bakalan Kereta Api (KA) Argo Semeru pada Selasa (11/6) dini hari.

Menurut Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, aksi vandalisme diperkirakan terjadi pada dini hari, saat bakalan KA Argo Semeru selesai dilakukan pemeriksaan harian kelaikan operasi di Depo Kereta Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

“Akibat kejadian itu, KA Argo Semeru kembali harus dilakukan pemeriksaan ulang terhadap seluruh rangkaian kereta di Depo Cipinang dan pembersihan kereta eksekutif K1 01801 dari cat dampak vandalisme (corat-coret) di dinding kereta,” kata Ixfan saat dikonfirmasi, Selasa (11/6) seperti dikutip Holopis.com.

Dikatakan Ixfan, kerusakan ini tidak hanya mengotori dan mengganggu kesiapan perjalanan KA Argo Semeru, tetapi juga berdampak terhadap pelayanan para pelanggan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“KAI Daop 1 Jakarta mengecam semua bentuk perbuatan/tindakan vandalisme terhadap aset-aset KAI. Saat ini, kami sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk segera menangkap para pelaku,” katanya.

Ixfan menegaskan, bahwa KAI akan melakukan tindakan tegas sesuai undang-undang hukum pidana (KUHP) yang berlaku.

“Hukum vandalisme dan aksi corat-coret telah dituangkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu pasal 406, 408 dan 409,” tegas Ixfan.

Ixfan menambahkan, KAI Daop 1 Jakarta juga akan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi, antara lain peningkatan penjagaan di stasiun maupun di depo-depo kereta maupun lokomotif di wilayah Daop 1 Jakarta dengan melibatkan kewilayahan TNI/Polri serta memperkuat peran serta masyarakat untuk turut menjaga aset-aset kereta api.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan corat-coret di dinding kereta maupun tindakan vandalisme lainnya terhadap kereta api. Ini juga penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para pelanggan kereta api,” imbuh Ixfan.

KAI mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dalam menjaga fasilitas publik yang sangat vital ini. Tindakan vandalisme terhadap sarana transportasi umum seperti kereta api tidak hanya merugikan perusahaan, tetapi juga masyarakat luas yang menggunakan jasa kereta api sebagai sarana transportasi yang aman dan nyaman.

PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan dan keselamatan penumpang. Pentingnya kesadaran bersama untuk menjaga fasilitas publik.

“Diharapkan, dengan adanya langkah-langkah tegas dari aparat hukum dan upaya sosialisasi yang dilakukan oleh KAI Daop 1 Jakarta, aksi vandalisme serupa tidak akan terulang di masa mendatang,” kata Ixfan.

PT KAI juga menghimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui atau melihat tindakan vandalisme terhadap fasilitas kereta api. Ixfan menegaskan, KAI Daop 1 Jakarta akan segera menindaklanjuti kejadian ini dengan serius.

“Melalui kerja sama yang baik antara KAI, aparat keamanan, dan masyarakat, diharapkan transportasi kereta api di Indonesia, khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta, dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan bebas dari tindakan vandalisme,” pungkas Ixfan.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Heboh Film Ipar Adalah Maut, Kenapa Sih Orang Bisa Selingkuh?

Dunia hiburan tanah air saat ini sedang dihebohkan film yang diangkat dari skandal viral, yaitu perselingkuhan antara seorang pria dan adik iparnya sendiri.

Sejumlah ASN Kembali Rasakan Atmosfer Bekerja di Nusantara dalam  WFI

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali menggelar kegiatan Work from IKN (WFI) yang diikuti oleh 33 ASN dari Kejaksaan Agung RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, dan Sekretariat Negara.

Lokasi Samsat Keliling Hari Rabu 3 Juli di Wilayah Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Rabu 3 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 3 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 3 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Bisa Bikin Tambah Nyenyak

Minum susu sebelum tidur telah lama dianggap sebagai kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Biasanya jika adik, keponakan, atau si kecil tidak bisa tidur pada malam hari, segelas susu langsung bisa membuat mengantuk.

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wisuda mahasiswa untuk mencari keuntungan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS