BerandaIslampadNikmatnya Puasa di 10 Hari Pertama Zulhijah

Nikmatnya Puasa di 10 Hari Pertama Zulhijah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulan Zulhijah merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Sehingga melakukan amal ibadah pada bulan Zulhijah tentu akan mendapatkan pahala yang sangat istimewa.

Salah satu amal ibadah yang bisa dilakukan di bulan Zulhijah ini adalah puasa. Bahkan puasa di 10 hari pertama bulan Zulhijah menjadi amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman NU Online, hukum berpuasa di 10 hari pertama bulan Zulhijah adalah sunnah. Hukum sunnah ini berlaku bagi umum, baik itu bagi orang sedang menunaikan ibadah haji maupun tidak.

Namun menurut Imam an-Nawawi, khusus tanggal sembilan Zulhijjah atau yang biasa disebut puasa Arafah hanya disunnahkan bagi yang tidak menunaikan ibadah haji. Hal itu sebagaimana dikutip Syekh Zakariya al-Anshari (w. 1520 M) dalam Asnal Mathalib:

Penerbit Iklan Google Adsense

وَصَرَّحَ فِي الرَّوْضَةِ بِاسْتِحْبِابِ صَوْمِ الْعَشْرِ غَيْرِ الْعِيْدِ وَلَمْ يَخُصَّهُ بِغَيْرِ الْحَاجِّ فَيُسْتَحَبُّ صَوْمُهُ لِلْحَاجِّ وَغَيْرِهِ إِلَّا يَوْمَ عَرَفَةَ فَلِغَيْرِ الْحَاجِّ

Artinya: “Imam Nawawi dalam kitab Raudhah menjelaskan kesunnahan puasa sepuluh hari selain hari raya dan tidak dikhususkan bagi selain yang menunaikan haji, maka sunnah puasa sepuluh hari pertama bagi yang menunaikan haji maupun tidak, kecuali hari Arafah maka khusus untuk yang tidak menunaikan haji,”

Sementara bagi yang sedang melaksanakan ibadah haji disunnahkan untuk tidak berpuasa pada tanggal sembilan Zulhijjah. Pun jika berpuasa, maka hukumnya khilaful aula atau menyalahi yang lebih utama.

Bahkan menurut Imam Nawawi, hukum berpuasa di hari Arafah bagi umat muslim yang sedang berhaji adalah makruh. Sebab, mereka yang berhaji tidak dianjurkan berpuasa karena untuk memperbanyak doa pada hari Arafah.

Adapun untuk keutamaan puasa di 10 hari pertama bulan Zulhijah adalah setara dengan berpuasa selama setahun. Sedangkan untuk ibadah salat malam di 10 hari pertama bulan Zulhijah setara dengan salat pada malam Lailatul Qadar.

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبُّ إِلَى اللهِ أَنْ يَتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR. At-Tirmidzi)

Syekh Mula Ali al-Qari dalam Mirqah al-Mafatih menyebutkan, bahwa yang dimaksud sebanding dengan satu tahun puasa pada hadits tersebut adalah pahala puasa sunnah, bukan puasa Ramadan.

Selain itu, pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah terdapat hari Arafah yang secara khusus disunnahkan berpuasa. Puasa sunnah Arafah pertepatan pada tanggal 9 Zulhijjah. Dalam hadits disebutkan, puasa Arafah dapat melebur dosa setahun yang sudah berlalu dan yang akan datang.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

Artinya: “Puasa pada hari Arafah bisa menghapus (dosa) setahun yaitu setahun sebelumnya dan sesudahnya,” (HR. Muslim)

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki keistimewaan tersendiri karena dikerjakan di waktu yang sangat sunyi, di mana kebanyakan orang sedang terlelap tidur.

9 Sunnah di Hari Jumat

Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan beberapa amalan sunnah sebagai bentuk penghormatan dan keistimewaan terhadap hari tersebut.

Tawaf Wada: Perjalanan Pamungkas Jemaah Haji

Tawaf Wada adalah salah satu dari ritual penting dalam ibadah haji yang dilakukan oleh jemaah saat akan meninggalkan Kota suci Makkah setelah menunaikan semua rukun haji lainnya.

Shalat Jumat Wajib, Meninggalkan Tanpa Alasan Syar’i Berdampak Buruk Pada Keimanan

Selain karena ibadah mahdlah, shalat Jumat juga memiliki manfaat sebagai ibadah muamalah, karena dilaksanakan dengan cara berjamaah.

Hey Muslimin Muslimah, Jangan Lupa Baca Surat Yasin di Malam Jumat

Surat Yaasin (Yasin) adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki kedudukan istimewa dalam kehidupan umat Islam. Surat ini terletak di juz ke-22 dan terdiri dari 83 ayat.

6 Sunnah Saat Idul Adha

Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Amalan-amalan ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara sesama umat Muslim.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS