BerandaNewsEkobizBantuan Dompet Dhuafa Banten Budidaya Udang Vaname, Penambak Bisa Perbaiki Ekonomi

Bantuan Dompet Dhuafa Banten Budidaya Udang Vaname, Penambak Bisa Perbaiki Ekonomi

Parsial di siklus ini sudah dilakukan sebanyak 4 tahap. Tahap 1 sekitar 2 kuintal. Tahap 2 dan 3 sebanyak 2 kuintal. Tahap 4 sebanyak 2 kuintal. Dengan total panen parsial 6 kuintal.

“Sisa pupulasi udang sekarang di 28.000 udang dengan target panen total akhir di Size 45-40 mencapai tonase 7 Kuintal,” terang Elin.

Dengan program ini pula, harga jual dari hasil tambah udang vaname ini pun terbilang cukup bagus. Elin menyebut bahwa untuk penjualan dari produk tambak udang ini bisa mencapai angka Rp51 juta.

“Saat ini kami jual, untuk jual ke resto dengan harga 80.000/kg, end user 95.000/kg sehingga kami targetkan untuk margin di angka 51.000.000 dalam satu siklus,” pungkasnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam kesempatan terpisah, Ali selaku penerima manfaat program budidaya udang vaname Dompet Dhuafa Banten menuturkan, bahwa dirinya sangat beruntung bisa mendapatkan pelatihan dan bantuan budidaya udang vaname dari Dompet Dhuafa Banten.

“Dengan adanya bantuan program kepada kami, sangat membantu terutama dalam bidang pengelolaan udang vaname mulai dari ketersediaan tambak atau lahan hingga pemasaran udang vaname ini,” kata Ali.

Sehingga tidak hanya sekadar memiliki pemahaman yang cukup, akan tetapi aspek ekonomi keluarganya juga bisa stabil berkat dari program sosial pengembangan ekonomi masyarakat dari Dompet Dhuafa itu. Sebab para penambak seperti dirinya tidak hanya bergantung lagi dengan tengkulak, sehingga bisa memutus rantai ekonomi pemasaran.

“Selain itu modal maupun keuntungan sedianya akan digunakan untuk pembangunan bioflok dan pembibitan baru lagi, sehingga dapat menyerap pasar yang lebih luas lagi,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS